Jangan Jadikan Arogan sebagai Budaya Bangsa

Oleh : Selpi Maryanti

Bangsa Indonesia terkenal akan kesopanan dan keramahannya, namun belakangan ini justru banyak warga Indonesia yang lupa akan hal tersebut. Tak heran jika Indonesia saat ini terbilang mengalami degradasi moral.
Yang menjadi penyebab degradasi moral terjadi salah satunya faktor lingkungan.

Saat ini, sikap arogan dirasa lebih mendominasi dibandingkan dengan sikap sopan dan pengertian. Dapat dibuktikan dengan maraknya kasus-kasus yang berkaitan dengan kericuhan, huru hara, kekacauan yang disebabkan oleh masalah-masalah kecil namun dibesar-besarkan karena tidak adanya pihak yang mengalah. 

Sopan santun merupakan hal yang sering dianggap sepele dan kerap diabaikan. Padahal, sikap sopan santun ini sangatlah mudah untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Tidak perlu yang jauh, mulailah dari yang terdekat seperti keluarga, saudara, teman dan kerabat. Biasakanlah untuk setidaknya menyapa atau minimal ulurkan senyuman.

Memang kita tidak bisa menutup mata bahwa masih banyak yang memiliki sikap sopan dan ramah di dunia ini, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, sesama umat manusia bisa lebih saling mengingatkan untuk bersama-sama melestarikan sikap sopan dan ramah ini.
Dengan begitu, Indonesia akan terus dikenal keramahannya dan sikap arogan sesama umat manusia perlahan akan memudar.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023