Dalami Ilmu Agama Pada Anak, DKM Al-Istiqomah Adakan Pengajian Rutinan


Dakwahpos.com, Bandung – DKM Al-Istiqomah menyelenggarakan pengajian bagi anak-anak setiap harinya. Pengajian tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1990. Pengajian yang dilaksanakan bertujuan agar anak-anak dapat memperdalam ilmu agama, serta untuk mengisi waktu luang mereka supaya lebih bermanfaat. Dalam proses kegiatan pengajian terdapat 8 guru yang turun langsung untuk mengajar. (18/10/2022)

Metode pengajaran dalam pengajian anak-anak  dilakukan dengan dua cara. Untuk anak-anak yang masih TK sampai kelas 3 SD melakukan metode tanya jawab, sedangkan bagi anak-anak kelas 4 – 6 SD menggunakan metode presentasi. Proses pembelajaran yang dilakukan dalam pengajian anak-anak di  masjid Al-Istiqomah sudah mengikuti kurikulum dari Kemenag, sehingga materi yang disampaikan menyesuaikan materi Kemenag. Anak-anak diberikan materi mengenai fiqih, aqidah, dan qurdis.

Dalam proses kegiatan mengajar di pengajian anak-anak ini terbagi menjadi 3 kelompok. Dimana setiap kelompok terdiri dari beberapa kelas. Untuk kelompok pertama diisi oleh anak TK sampai 1 SD, kelompok kedua kelas 2-3 SD, dan kelompok ketiga kelas 4-6 SD. Walaupun terbagi menjadi beberapa kelompok tetapi untuk jadwal pengajian keseluruhan dilakukan secara serentak yaitu setelah ashar.

" Hal yang membuat saya termotivasi untuk mengajar yaitu saya ingin berbagi ilmu agar ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat, sayang apabila ilmu tidak diamalkan. Selain itu saya juga menyukai anak kecil,"ujar Syifa Mutmainah selaku guru ngaji DKM Al-Istiqomah.

Adapun beberapa kendala yang dialami oleh pengajar yaitu ketika menangani anak-anak usia 4-7 tahun yang masih sulit untuk diatur. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah guru-guru yang terlibat mengajak ngobrol anak-anak yang bersangkutan setelah selesai mengaji secara intens. Apabila masih tidak dapat diatur maka hal lain yang dapat dilakukan adalah memberikan arahan atau perhatian khusus pada anak-anak tersebut.

Salma Nurhasanah, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023