Waspadai Penyakit di Musim Pancaroba

Selama periode tahun, terjadi pergeseran musim antara musim hujan dan musim kemarau, dan sebaliknya. Biasanya, pada masa peralihan ini, cuaca berubah secara ekstrem, dari sangat panas menjadi dingin dan hujan lebat. Bahkan dalam sehari, kondisi cuaca bisa berubah drastis. Situasi ini disebut musim pancarabo. Datangnya transformasi seringkali ditandai dengan adanya berbagai penyakit. Hal ini karena perubahan cuaca memaksa tubuh kita bekerja keras untuk beradaptasi dengan kondisi cuaca. Jika daya tahan tubuh kita lemah, bukan tidak mungkin kita bisa sakit. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang biasanya terjadi pada masa musim pancaroba.

Perubahan musim disebut juga musim infeksi. Musim ini seolah menjadi peralihan dari musim kemarau ke musim badai dan sebaliknya. Setelah penyesuaian musiman ini adalah perubahan tekanan udara dan suhu. Kondisi yang berubah ini sangat cocok untuk pertumbuhan mikroba dan infeksi. Perkembangan massal mikroba dan infeksi mempengaruhi orang dengan sistem kekebalan yang lemah, tetapi juga mempengaruhi mereka yang biasanya tidak rentan terhadap penyakit. Agar Anda dan keluarga bisa menghadapi pasang surut dengan percaya diri, mari kita bedakan lima penyakit yang sering terjadi di musim ini dan cara pencegahannya.

Di Indonesia, kemajuan terjadi pada masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, dan sebaliknya, peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Perbedaan musim menyebabkan perubahan besar dalam suhu dan kelembaban. Jika kondisi fisik tidak sesuai, seseorang biasanya berisiko terkena penyakit, baik karena virus, bakteri, atau infeksi infeksi. Keadaan ini dapat menimbulkan beberapa penyakit yang biasanya terjadi pada masa perkembangan.

Penyakit yang menyertai musim pancaroba adalah influenza, ISPA dan demam berdarah dengue. Tempat mana saja yang harus diwaspadai agar penyakit mudah menular ke masyarakat?Mengapa kita harus waspada agar tidak menular ke masyarakat sekitar.

Situasi ini disebut musim pancarabo. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang biasanya terjadi pada masa musim pancaroba. Musim ini seolah menjadi peralihan dari musim kemarau ke musim badai dan sebaliknya. Kondisi yang berubah ini sangat cocok untuk pertumbuhan mikroba dan infeksi. Perbedaan musim menyebabkan perubahan besar dalam suhu dan kelembaban. Keadaan ini dapat menimbulkan beberapa penyakit yang biasanya terjadi pada masa perkembangan. Penyakit yang menyertai musim pancaroba adalah influenza, ISPA dan demam berdarah dengue.

 

Fahmi Firmansyah

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023