Taati Karantina demi Mencegah Penularan Covid-19

Karantina adalah upaya memisahkan seseorang yang terpapar COVID-19 (baik dari riwayat kontak atau riwayat bepergian ke wilayah yang telah terjadi transmisi komunitas) meskipun belum menunjukkan gejala apapun atau sedang dalam masa inkubasi yang bertujuan untuk mengurangi risiko penularan. Karantina dilakukan meskipun belum menunjukkan gejala apapun atau sedang dalam masa inkubasi. Karantina dilakukan demi mencegah terjadinya risiko penularan virus covid-19 ke lingkungan sekitar. Biasanya, masyarakat melakukan karantina mandiri di tempat-tempat yang telah disediakan oleh pemerintah. 


Namun pada saat ini, semakin banyak orang yang abai dengan tidak melakukan karantina. Menurut mereka, hal tersebut tidak lagi perlu dilakukan. Terlebih lagi, apabila mereka merasa sehat dan pada saat tes pun negatif. Padahal, bisa saja pada saat tes, virus covid-19 belum terdeteksi sehingga mereka harus melakukan karantina agar virus itu tidak menyebar ke banyak orang. 


Selain masyarakat yang abai, adanya influencer atau orang terkenal yang kabur saat karantina pun menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di negara kita. Influencer tersebut diketahui menyuap oknum satgas covid-19 dan oknum TNI demi tidak melakukan karantina. Menurut ia, ia merasa tidak nyaman melakukan karantina. Pelanggaran ini membuat banyak orang geram dan berpikir seharusnya seorang influencer terkenal tidak melakukan ini. 


Meskipun pelanggaran tersebut sudah diusut dan mendapatkan hukuman, banyak orang yang tidak setuju dengan hukuman yang diberikan hakim kepada tersangka. Pasalnya, hukuman tersebut disebut terlalu ringan dan tidak memberikan efek jera kepada tersangka. Ia mendapat hukuman percobaan 4 bulan penjara dengan denda 50 juta. Namun ia tidak mendapat hukuman kurungan penjara. Masyarakat berharap hakim dapat memberikan hukuman yang lebih berat sehingga tidak ada lagi orang yang kabur saat karantina. 


Sebegitu pentingnya karantina untuk kita. Mungkin terlihat seperti membosankan tapi banyak hal yang bisa kita lakukan saat mengisi waktu luang karantina. Jangan sampai alasan-alasan sepele kita bisa membuat orang lain terpapar virus covid-19. Mari menjaga diri sendiri dan orang lain agar tidak ada lagi yang terpapar virus covid-19.


Reporter:  Jihan Nur Setyo R

Mahasiswa KPI, UIN SGD BDG



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023