Siapkan Diri Untuk Musim Pancaroba



Indonesia merupakan Negara yang beriklim tropis. Yang hanya memiliki 2 musim, musim penghujan dan musim kemarau. Yang memiliki 3 siklus musim kemarau, musim pancaroba dan musim penghujan. 
saat ini cuaca di Indonesia tidak menentu, karena pada saat pagi menjelang siang cuaca akan terik dan saat sore hari menjelang malam hujan lebat akan turun dan udara menjadi sangat dingin. Dan suhu tempratur pada tubuh akan mengikutiyan dan saat itu imunitas dalam tubuh kita akan berkurang dan menyebabkan sakit di musim pancaroba.
musim pancaroba berkaitan dengan beberapa penyakit yang sering terjadi pada tubuh kita seperti demam, flu, batuk, pilek, sesak nafas dan gangguan pencernaan. Kemunculan penyaki-penyakit tersebut akan menjadi tinggi di mana pada awal perubahan musim pancaroba. karena banyak nya kotoran  yang menyebabkan bakteri dan virus yang menjadi sarang dari muncul nya penyakit tersebut.
Sebab itu kita harus menyiapkan diri agar terhidar dari dampak  buruk musim pancaroba dengan menjaga kebersihan makanan dan miuman. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan metode mencuci tangan yang benar. Lalu berhati-hati dalam memilih makanan. Bkan hanya itu saja kita juga harus menjaga lingkungan dengan baik dan bersih. Agar terhindar dari berbagai hewan seperti nyamuk, lalat, kecoa dan lain-lain.
Oeh karena itu kita harus memakan makanan yang bergizi, seimbang dan sehat. Serta memiliki waltu istirahat yang cukup agar dapat meningkatkan daya tahan tubu yang baik. Menjauhkan diri dari tempat-tempat yang berbahaya yang kemungkinan bisa terjadi bencana alam. 

Shofwah Annisa
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023