Satu Dalam Perbedaan dengan Toleransi

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman agama, budaya, adat istiadat, suku bangsa dan bahasa. Keberagaman yang di miliki menjadi simbol persatuan dan kesatuan negara Indonesia yang dikenal dengan istilah Bhineka Tunggal Ika.

Bhineka Tunggal Ika memiliki makna meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu kesatuan, dengan demikian kita harus menjaga kesatuan itu agar tetap utuh dengan saling menghargai keberagaman yang ada dengan cara toleransi.

Toleransi secara bahasa berasal dari bahasa latin "tolerare", yang berarti sabar dan menahan diri. Sedangkan menurut istilah toleransi adalah sikap saling menghormati dan menghargai antar individu dan antar kelompok dalam lingkungan masyarakat. Sudah seharusnya kita memahami arti pentingnya sebuah toleransi dalam bermasyarakat.

Namun saat ini nilai toleransi di Indonesia sedikit memudar dengan adanya kasus yang terjadi. Seperti kasus yang intoleran terhadap banyak hal terutama keagamaan. Sebagai contoh ada suatu daerah yang tidak diperbolehkan membangun tempat beribadah agama lain kecuali agama daerah tersebut. Hal ini akan menimbulkan suatu perpecahan yang terjadi di daerah tersebut. Padahal manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri sehingga membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dalam lingkungan masyarakat sebagai suatu upaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Maka dari itu toleransi dianggap penting karena toleransi mampu menciptakan suatu perdamaian dengan adanya toleransi kita mampu mengahargai dan menghormati perbedaan yang ada, sehingga perbedaan tidak menjadi alasan untuk timbulnya permasalahan. Dengan adanya toleransi kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia.

Indah Nurhayati
Mahasiswa KPI / 3B
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023