Olahraga Jadi Kunci Menjaga Tubuh pada Musim Pancaroba.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwanya Indonesia sudah memasuki musim penghujan tahun ini. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat dan angin kencang.

Dengan Pergantian musim tersebut menyebabkan perubahan suhu dan kelembapan udara yang cukup ekstrem. Jika kondisi badan tidak bugar, seseorang cenderung berisiko terpapar penyakit, baik akibat infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit yang seringkali dialami saat masa pancaroba.

Para ahli dibidang Kesehatan mengungkapkan bahwa hal tersebut dapat diatasi dengan cara menjaga asupan yang kita makanan, mengkomsumsi vitamin dan yang paling penting ialah berolahraga.

penelitian menemukan bahwa olahraga secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh selama musim pancaroba. Mereka percaya bahwa efek jangka panjang dari berolahraga teratur dapat meningkatkan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh termasuk infeksi virus seperti pilek dan flu.

Tetapi, sering kita lihat banyak sekali generasi Z yang kurang berolahraga, beberapa alasan dari mereka yang diberikan untuk tidak berolahraga. Salah satunya rasa malas, mereka membiarkan rasa malas itu berada dalam diri mereka untuk tidak bergerak. Dengan begitu banyak yang lalai terhadap Kesehatan imun dalam diri, akibatnya dengan tumbuh yang kurang bergerak akan mudah sekali terjangkit penyakit yang sering dijumpai pada musim pancaroba.


Hafadlah Triananda
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023