Mencegah Bencana, Menghindari Kesedihan

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kejadian bencana alam yang begitu Dahsyat dan banyak. tapi tanpa kita sadari bencana itu datang karena ulah tangan manusia nya sendiri. Oleh karena itu kita sebagai manusia harus sabar tentang lingkungan alam yang seharusnya kita jaga agar bencana alam tidak dapat terjadi di negara kita. karena negara kita adalah negara yang berada di garis khatulistiwa dan hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Oleh karena itu dampak dari kedua musim itu sangatlah besar jika kita tidak menjaga lingkungan bencana akan terjadi membuat keresahan pada diri kita sendiri dan orang banyak.
Saat ini di  Indonesia sedang banyaknya terjadi bencana alam yang sangat menghawatirkan. Seperti erupsi gunung banjir bandang gempa bumi dan lain-lain. Yang buat yang membuat banyak orang yang meninggal dan memberikan Rasa trauma dan duka yang mendalam bagi orang-orang yang di tinggalnya dan yang berdampak pada dirinya.  Semua orang yang berada di negara ini merasa  sedih atas kejadian hal tersebut. Dan tidak sedikit orang-orang baik yang merasakan hal mendalam tersebut yng membuat mereka ingin membantu secara sukarela. Karena mereka tidak ingin orang-orang yang selamat tidak dapat hidup dengan layak. Karena antisipasi pasca bencana juga sangat penting bagi mereka yang mengalami hal tersebut.
Pencegahan pada pencemaran lingkungan dapat di lakukan dengan hal-hal yang sangat mudah, akan tetapi sangat tidak di perhatikan oleh banyak orang dan kurang akan kesadaran terhadap hal kecil. Seperti, membuang sampah pada tempatnya atau membakar sampah dengan baik. Agar ketika hujan tidak menjadi penghambat jalannya  arus air hujan dan membuat bendungan air yang tidak mengalir membuat banjir bandang. dan merugikan yang berdampak pada bencana alam tersebut. Membuat kesediahan banyak orang yang bahkan hanya melihatnya apa lagi yang terkenanya.
Oleh karena itu kita harus di sadar akan lingkungan dan menjaganya aga tidak lagi terjadi bencana yang membuat rasa sedih yang begitu mendalam ini terus berlanjut dengan datang nya bencana-bencana. Setidaknya menerapkan pada diri sendiri keluarga dan orang sekitar kita.

Shofwah Annisa
Masiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023