Mari Cerdas dengan Gunakan Media Sosial Secara Pantas

Mari Cerdas dengan Gunakan Media Sosial Secara Pantas


Dewasa ini, media sosial seakan-akan menjadi sebuah makanan inti bagi kita semua. Sebab kalau kita perhatikan, hampir semua orang tak luput dan lepas dari menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-harinya. Hal tersebut menggambarkan bahwa media sosial sudah menjadi sahabat terakrab bagi kita saat ini.

Media sosial berperan sangat penting untuk media komunikasi dan informasi di era globalisasi ini. Jutaan orang di dunia bisa saling bertukar informasi, gambar, atau pemikiran dengan cepat tanpa hambatan lagi. Hal tersebut merupakan salah satu dari banyaknya hal positif media sosial bagi kita.

Kurangnya edukasi dan aturan yang mengatur mengenai etika bermain media sosial, hal itu berimbas pada orang-orang yang menggunakannya secara bebas tanpa adanya batas. Tentunya hal tersebut merupakan sebuah penyalahgunaan yang bisa berakibat fatal dan blunder bagi mereka yang tidak cerdas dalam menggunakannya.

Kita lihat dan saksikan, maraknya foto-foto dan video tak senonoh beredar, umpatan atau gunjingan kepada sesama semakin melebar, kasus pinjaman online illegal semakin gemuruh kita dengar, dan kasus-kasus pencemaran nama baik kian mencemar. Kasus-kasus tadi melihatkan bahwa media sosial kian kemari semakin menjadi tempat yang disalahgunakan oleh pemainnya.

Oleh karenanya, marilah mulai saat ini kita gunakan media sosial secara bijak dan cerdas. Di antaranya adalah dengan memainkannya sesuai kebutuhan yang kita perlukan, artinya kita gunakan media sosial untuk hal-hal yang memang sepantasnya bagi kita untuk menggunakannya, bukan untuk hal-hal yang lain apalagi sampai tidak ada manfaatnya.

Selain itu, etika dan tata krama harus tetap dikedepankan dalam bermain media sosial, hal tersebut merupakan upaya pencegahan yang dilakukan guna menghindari ujaran kebencian ataupun keributan di media sosial. Etika bermain media sosial sudah sepatutnya kita terapkan dalam menggunakan media sosial, terlebih bagi kita yang mengakun sebagai orang yang beragama.

Terakhir, mari kita ikuti dan gunakan media sosial untuk informasi maupun hal-hal yang bermanfaat. Banyaknya informasi-informasi yang masuk ke media sosial menjadikan sebuah tantangan sekaligus ancaman bagi kita. Hal itu dapat kita cegah dengan cara kita memfilter ataupun menyaring informasi-informasi yang masuk, sehingga kita dapat mengambil informasi yang penting dan berguna dengan mudah.

Beberapa cara cerdas menggunakan media sosial di atas dapat mulai kita aplikasikan sekarang, tentunya untuk mewujudkan media sosial yang baik dan bersih, serta guna mencegah dan melerai sampah-sampah yang banyak berserakan di media sosial ke depannya.

Alif Safikri, Mahasiswa jurusan KPI semester 3, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023