Menjaga Kesehatan Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba adalah masa peralihan antara musim hujan dan musim kemarau di Indonesia. Biasanya pada musim ini intensitas hujan semakin tinggi dan tidak menentu juga disertai badai, petir, dan angin kencang. Hal itu membuat cuaca menjadi ekstrem dan tidak baik bagi kesehatan karena banyak virus dan bakteri yang menyebar pada saat seperti ini.

Di musim pancaroba ini sudah pasti banyak sekali peluang penyakit menyerang tubuh kita apalagi imun tubuh kita sedang tidak baik, penyakit pasti akan mudah dapat menyerang. Penyakit yang ada biasanya seperti influenza, demam, asma, dan gangguan pencernaan.

Ada beberapa cara supaya kita bisa mencegah dari terserangnya penyakit di musim pancaroba ini, yaitu : selalu menjaga asupan makanan, makan makanan yang bergizi, seperti vitamin C, zat besi, dan protein, minum air putih, tidak hanya menghilangkan dahaga air putih juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menjadi hal yang utama dalam pembentukan plasma darah, air juga membantu untuk mengedarkan oksigen yang dibutuhkan bagi tubuh kita, tidur yang cukup, tidak hanya dengan makanan atau dengan asupan gizi dan vitamin yang cukup, tubuh kita juga membutuhkan istirahat yang cukup supaya bisa menyeimbangkan antara kerja tubuh.

Beberapa ahli mengatakan bahwa musim pancaroba tahun ini terlalu dini, karena musim kemarau bisa menjadi musim hujan dengan tiba-tiba. Menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), perkiraan musim hujan akan terjadi pada bulan Oktober dan November. Untuk musim pancaroba tahun ini kita tidak hanya dihadapkan dengan penyakit yang sering kita alami seperti biasanya, akan tetapi kita dihadapkan dengan masalah Covid-19. Kita seakan-akan menjadi bingung membedakan antara mana Virus Covid-19 dan mana penyakit musim pancaroba.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita untuk tetap menjaga kesehatan diri kita dan lingkungan sekitar. Sebaiknya menjaga diri sendiri seperti makanan dan minuman yang selalu di jaga dengan baik, selalu mentaati protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak, kita juga perlu memberikan suplemen bagi tubuh seperti obat-obatan herbal, tidak lupa juga untuk selalu membersihkan lingkungan kita supaya menjadi lebih baik dan lebih sehat.

Nurul Badriah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023