Karantina Sehat Sebagai Langkah Penanganan Covid 19

Karantina Sehat Sebagai Langkah Penanganan Covid 19

 

              Ramainya pemberitaan terkait meluasnya penyebaran virus covid 19 di berbagai media. Penyebaran covid ini angka tertinggi sudah mencapai lebih dari 1000 kasus dan beberapa pemerintah daerah sudah melakukan karantina. Pemerintah pusat juga menetapkan Pembatasan  Sosial Berskala Besar atau PSBB yang merupakan salah satu strategi dalam menekan penyebran virus covid 19.

 

              Berbagai aturan protokol kesehatan wajib ditaati masyarakat dan pelaksanaan vaksinisasi di setiap daerah. Bagi WNA atau WNI yang baru datang dari luar negeri perlu melakukan karantina selama 14 hari ditempat yang telah di sediakan pemerintah atau di rumah.

 

Karantina disatu sisi pemerintah harus menyiapkan kebutuhan dasar orang yang berada dalam karantina, di sisi lain pemerintah menaruh aparat apabila melanggar bisa terkena pidana. Bagi masyarakat yang sedang di karantina harus berusaha agar Tetap sehat pada masa karantina.

Ada cara sehat yang dapat diterapkan saat karantina, seperti :

1.          Menjaga kebersihan

Beberapa cara sederhana dalam menjaga kebersihan di tengah pandemic seperti rajin mencuci tangan agar kuman atau bakteri tidak menyerang tubuh, menggunakan hand sanitizer, menyemprot barang yang sering disentuh menggunakan desinfektan.

 

2.          Olahraga

Selain menjaga kebersihan, aktifitas fisik itu sangat diperlukan untuk menyeimbangkan kondisi kesehatan tubuh selama karantina. Olahraga ringan seperti lari-lari kecil di dalam rumah, work out dari YouTube, yoga dan berjemur di halaman rumah.

 

3.          Tetap komunikasi

Sebagai makhluk sosial, manusia butuh berkomunikasi.

 

4.          Mengonsumsi makanan bergizi.

Sangat penting bagi kita menogonsumsi makanan bergizi kaya akan karbohidrat moderat, protein yang cukup, susu dan banyak sayur-sayuran. Karena makanan bergizi itu akan berdampak pada tingkat energi dan produktifitas.

 

5.          Penuhi cairan tubuh

Kita harus mengonsumsi minimal delapan gelas  air mineral dalam sehari. Karena air mineral sangat penting dan memiliki banyak manfaat seperti menyalurkan kadar oksigen ke seluruh sel tubuh sehingga sistem peredaran darah di dalam tubuh tetap lancar.

 

Maghrisul Akhiroh Syam

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.

Jl. Sekar Kemuning No. 92 Rt. 02 Rw. 03 Kel. Karyamulya Kec. Kesambi Kota Cirebon

085703119298

syamgrish@gmail.com

 

 

 

Sent from Mail for Windows

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023