Hidup Sehat saat Pancaroba


Pada saat musim pancaroba yang merupakan musim peralihan dari musim kemarau menuju musim penghujan atau juga sebaliknya, berbagai panyakit sangatlah mudah untuk  menjangkit seseorang yang memilki imunitas tubuh yang rendah dan akan menyebabkan timbulnya penyakit pada tubuh seseorang seperti flu, tipes, demam berdarah, sakit tenggorokan, batuk-batuk, gangguan pencernaan, dan lain-lain.
Musim pancaroba ini di tandai dengan adanya angin kencang, hujan yang lebat dengan durasi waktu singkat dan terjadinya kemarau begitu , naik turunnya suhu disekitar dan hujan es. Beberapa faktor tadi tentunya bisa menyebabkan imunitas kita akan menurun apabila kita tidak menjaga pola hidup sehat. Ada beberapa jalan untuk meningkatkan imunitas tubuh kita dengan menerapkan pola hidup sehat.
Pertama, kita harus menjaga makanan yang kita konsumsi. Pada dasarnya kita memiliki tenaga untuk beraktivitas dengan mengkonsumsi makanan, tentunya kita tidak sembarangan mengkonsumsi makanan dengan bebas kita haruslah bisa memilih dan memilah mana makanan yang baik untuk tubuh dan mana makanan yang tidak baik untuk tubuh kita. Kemudian makanan seperti apakah yang harus kita konsumsi? Makanan yang harus kita konsumsi adalah makanan yang memiliki gizi yang baik dan memilki serta yang cukup bagi tubuh, dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur sayuran, lauk pauk yang cukup dan meminum susu ( 4 Sehat 5 Sempurna). Jangan lah kita terlalu sering mengkonsumsi junk food atau makana cepat saji, dan menyebabkan lemak didaerah perut menumpuk, dan akan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit.
Kedua, hindari lah dari pikiran-pikiran yang tidak seharusnya kita pikirkan atau intinya kita harus menghindari yang Namanya stress. Karena stress yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan sangat merusak metabolism tubh dan akan menurunka terhadap imunitas tubuh kita. Stres juga merupakan contributor signifikan terhadap depresi, yang merupakan maslah kesehatan massif saat ini.
Ketiga, minumlah air putih dengan cukup. Air putih dapat membantu menjaga fokus otah yang sehat, konsentrasi, dan suasana hati yang positif dan lain-lain. Selain itu, air putih dapat membantu melancarkan saluran pencernaan, mempercepat proses penyembukan atau pemulihan ketika sedang sakit, kemudian dapat meningkatkan sistem kekbalan tubuh dalam artian akan meningkatkan imunitsa tubuh kita sehingga kita akan trhindar dari penyakit saat pancaroba.
Keempat, Olahraga merupaka pola hidup sehat yang harus di lakukan bagi setiap manusia karena olahraga akan menurunkan stress dan resiko terkena penyakit khususnya pada musim pancaroba. Dan olahraga ini harus dilakukan dengan teratur dan tidak berlebihan, dengan kita membuat jadwal untuk melakukan olahraga dengan teratur agar kita memiliki porsi olahraga yang cukup.
Jadi kita haruslah memiliki pola hidup sehat khususnya pada musim pancaroba ini karena pada musim ini sebab apabila memiliki imunitas yang rendah penyakit akan mudah masuk pada tubuh kita, oleh karena itu marilah kita tetap menjaga imunitas tubuh kita denga cara menerapkan pola hidup sehat.

Ahmad Fahmi Latif Fadlillah, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023