Dampak Dari Musim Pancaroba

Di Indonesia selain memeliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, masyarakat Indonesia juga mengenal adanya musim pancaroba. Pancaroba sering disebut dengan musim peralihan antara dua musim khusunya di daerah iklim muson, yaitu dari musim penghujan ke kemarau, begitupun sebaliknya.

Biasanya pada saat musim pancaroba itu sering di tandai dengan cuaca yang sangat ekstrim atau cuaca yang berubah-ubah, seperti hujan yang di sertai badai. Biasanya pada saat memasuki musim ini masyarakat akan berhadapan dengan datangnya penyakit dan bencana alam.

Berbagai macam penyakit yang muncul pada musim pancaroba ini sangat beragam, misalnya seperti penyakit demam berdaarah (DBD), influenza (flu), dan yang sering terjadi adalah gangguan pada saluran pernapasan. Itu lah penyakit yang sering di alami orang ketika sedang memasuki musim panacaroba.

Dengan datangnya musim pancaroba apalagi ditambah kita sedang dalam masa pandemi covid 19 yang itu semakin membuat diri kita rentan terancam dari penyakit. Maka dari itu kita harus peduli dengan kesehatan diri kita dan menerapkan pola hidup yang sehat ketika sedang memasuki musim pancaroba. Misalnya di mulai dengan :

Rutin melakukan kegiatan olahraga seperti jogging, workour, dan melakukan kegiatan yang setidaknya bisa mengeluarkan keringat, supaya tubuh kita selalu sehat dan daya tahan tubuh kita kuat. Sehingga penyakit tidak bisa menyerang tubuh kita.

Menjaga pola makan yang teratur, dengan menjaga pola makan yang teratur maka kita bisa dengan mudah terhindar dari penyakit, karena ketika kita tidak bisa menjaga pola makan yang teratur, tubuh kita akan melemah dan gampang terkena penyakit.

Selalu juga menjaga kebersihan, entah menjaga kebersihan tubuh atau menjaga kebersihan di tempat kita. Karena ketika kita peduli dengan kebersihan itu bisa membunuh penyakit atau kuman yang berada di sekitar kita atau yang nempel di tubuh kita. Misalnya kita rutin cuci tangan sebelum makan, mandi 3 kali sehari dan membersihkan area yang sering kita gunakan. Maka kuman atau bakteri tidak akan bisa bertahan hidup.

Nah itulah beberapa dampak yang di timbulkan dari musim pancaroba, maka dari itu kita harus menjaga dan meningkatkan perawatan pada tubuh kita, lingkungan, pola makan dan perbanyak minum vitamin supaya terhindar dari penyakit yang di timbulkan pada musim pancaroba.  

Muhamad Firman Hakiki
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati
Bandung, Jawa Barat
085293873304
Hakikimfh17@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023