Bijak Menggunakan Media Sosial


              Akhir-akhir ini banyak orang mengeluarkan statement tanpa menguasai hal tersebut. Seperti soal Covid 19, banyak orang mengeluarkan pendapat yang keliru dan meresahkan masyarakat juga pemerintah. Sebagai pengguna media sosial seharusnya bisa memfilter dan menguasai terkait informasi tersebut sebelum mempublikasi di sosial media.

 

              Media sosial berperan sangat penting untuk media komunikasi dan informasi di era globalisasi ini. Jutaan orang di dunia saling bertukar informasi, gambar atau pemikiran dengan cepat. Saat ini media sosial yang kita kenal digunakan banyak di Indonesia adalah WhatsApp, Line, Instagram, Facebook dan Twitter. Semakin bertambahnya pengguna media sosial semakin bertambah juga kasus penyalahgunaan hingga perlu di proses menurut hukum yang sesuai.

 

              Di Indonesia perilaku bersosial media sudah di atur dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi atau sering di sebut Undang-Undang IT. Beberapa hal yang di atur di antaranya mengenai pencemaran nama baik, penghinaan SARA, dan perdagangan elektronis. Agar tidak melanggar Undang-Undang IT dan dapat menggunakan media sosial dengan optimal, berikut tips menggunakan media sosial dengan bijak :

1.          Gunakan sesuai kebutuhan

Media sosial hadir untuk dapat di gunakan dalam berbagai hal, mulai dari hail-hal baik hingga hal-hal yang buruk. Seiring pesatnya perkembangan media sosial, meningkat juga kejahatan siber. Hal itu tentu di hindari dengan menggunakan media sosial sesuai dengan porsi dan kebutuhan.

2.          Menjaga sikap dan etika

Tidak hanya dalam dunia nyata,sikap dan etika juga perlu di tunjukkan saat menggunakan media sosial. Dengan cara menunjukkan sikap menghargai, respect, bahasa sopan santun dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

3.          Ikuti informasi yang bermanfaat

Perlunya memfilter informasi dari sumber yang terpercaya agar informasi yang di dapatkan itu akurat dan dapat di pertanggungjawabkan.

4.          Memanfaatkan media sosial dengan maksimal

Sebagai media yang bisa di gunakan untuk berbagai hal, media sosial bisa menjadi pasal yang efektif untuk menunjukkan skill atau kemampuan dan kreatifikas yang kita buat. Hal itu dapat berupa konten video, gambar, atau tulisan. Selain itu, opini atau pendapat juga bebas di utarakan di media sosial dengan catatan dapat di pertanggung jawabkan

 

Manfaatkanlah media sosial dengan baik dan bijak agar bisa berguna untuk diri kita dan orang lain.

 

Maghrisul Akhiroh Syam

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat.

Jl. Sekar Kemuning No. 92 Rt. 02 Rw. 03 Kel. Karyamulya Kec. Kesambi Kota Cirebon

085703119298

syamgrish@gmail.com

 

Sent from Mail for Windows

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023