Masjid Al-Amanah, Berawal dari Mushola Kecil, Masyarakat Ikhtiar untuk Jadikan Masjid Jami

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Al-Amanah merupakan masjid yang terletak di Cibiru Wetan, Cileunyi, Kab. Bandung. Masjid ini awalnya ialah mushola yang dirintis oleh H. Jahruddin yang hingga kini masih menjadi DKM Al-Amanah.

Mushola Al-Amanah berdiri tahun 1994 di atas tanah yang diwakafkan oleh H. Jahruddin. Anggaran pembangunannya pun awalnya ditanggung oleh beliau sendiri hingga berdiri kokoh dengan luas 3x4 m. Beliau meminta kepada H. Oking Zaenal Muttaqin dan Ajengan Iyad sebagai kesepuhan di desa itu, untuk menentukan arah kiblat sesuai dengan hitungan falak.

Kemudian pada tahun 1995, masyarakat disana ingin merenovasi mushola tersebut menjadi masjid. Akhirnya H. Jahruddin pun menerima usulan itu dan siap untuk menjadi koordinator dalam pembangunan.
Anggaran rehabilitasi ini pun masih hanya diperoleh dari jerih payah masyarakat setempat. Sampai pada tahun 1996 akhirnya Masjid Al-Amanah ini pun terbangun dan tersahkan. Dengan itu semua akhirnya masjid ini dapat digunakan sebagai sarana majlis taklim, salat jumat, dan perayaan-perayaan hari besar islam.

"Pembangunan masjid ini dilakukan secara bertahap, mengapa? Karena masjid ini dibangun dari swadaya masyarakat disini. Ketika anggaran sudah terkumpul dan cukup, barulah dilanjutkan pembangunannya. Itu pun tidak sampai pembangunan total, hanya paling membangun bagian-bagian yang seperlunya saja. Kemudian berhenti sejenak pembangunannya, karena habisnya anggaran. Sampai dimana ditemukan lagi anggaran dari uang yang disisihkan para warga, barulah dilanjutkan lagi pembangunannya. Terus saja seperti demikian, hingga sampai dengan sekarang pun belum terbangun secara total dan rapi," ujar H. Jahruddin.

Beliau pun berharap agar pembangunan masjid ini bisa cepat terselesaikan, agar kaum muslim khususnya masyarakat setempat dapat menikmati kenyamanan ketika beribadah di Masjid Al-Amanah ini.

Reporter: Maulana Abdullah, KPI 3-B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023