Masjid Al-Hasan Bumi Panyawangan, Non Muslim Ikut Andil dalam Pembangunan Masjid

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid merupakan pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam. Hal ini serupa terlihat di Masjid Al-Hasan Bumi Panyawangan, di mana tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, akan tetapi terdapat banyak kegiatan kajian dan kegiatan sosial di dalamnya.

Masjid yang beralamat di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi ini selesai dibangun pada tahun 2017. Sebelumnya, masjid ini hanyalah masjid kecil yang menampung kurang dari 50 jemaah. Kontruksi bangunannya pun hanya 1 lantai dan dengan interior yang sangat terbilang sederhana.

"Sebelum dibangunnya masjid sebesar sekarang, dulu sudah terbangun namun kapasitasnya yang sangat terbatas. Oleh karena itu, dari pihak DKM dan masyarakat sekitar pada waktu itu sangat ingin sekali merenovasi masjid ini dengan kapasitas lebih besar sehingga bisa banyak menampung banyak jemaah," kata H. Sukamat.

Pada saat putusan untuk merenovasi masjid ini, pihak DKM membuka open donasi bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya untuk berinfak. Namun, hal uniknya bukan hanya umat muslim saja yang ikut menyumbang, akan tetapi non muslim yang berada di sekitaran Komplek Bumi Panyawangan juga turut memberikan sumbangan bagi perenovasian masjid ini.

"Awalnya saya memberi pengumuman bagi masyarakat sekitar bagi yang ingin berdonasi silakan bisa hubungi pikah DKM, ternyata ada beberapa non muslim yang datang juga. Mereka datang dengan niat baik, kalau mereka ingin menyumbangkan sebagian harta mereka bagi perenovasian masjid ini," tandas H. Sukamat.

Hal tersebut tidak ada sama sekali unsur paksaan. Mereka melakukan hal tersebut sebagai wujud toleransi, karena umat muslim yang ada di Komplek Bumi Panyawangan pun sangat toleransi juga pada mereka, meskipun sebagai minoritas dalam menyangkut kepercayaan.

Reporter: Annisa Nala Raihan KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023