Kisah Haru dibalik Masjid Jami Syahida Cibiru Hilir

Dakwahpos.com, Bandung- Profil dan Sejarah Pembangunan Masjid Jami Syahida.

Masjid Jami Syahida merupakan salah satu masjid yang terletak di daerah Bandung, tepatnya di Jl. Cibiru Hilir No.03-04, RT.01/RW.01, Cibiru Hilir, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Masjid yang bertempat di Cibiru Hilir itu telah berdiri sejak 2008 masjid tersebut merupakan tempat ibadah untuk para santri dari pesantren At-Tamur namun semenjak pandemi covid-19, yang awalnya banyak memiliki santri dari mulai anak-anak Diniyah, anak jalanan, Mahasiswa S1 dan S2 dll semakin berkurang dan kegiatan tidak berjalan dengan efektif. kemudian, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami Syahida yang diketuai oleh Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M. Ag serta pengurus Pesantren At-Tamur bekerjasama kembali mengadakan kegiatan pengajian dari mulai ngaji Qur'an, kitab dan lain-lain.

"Pada masa transisi ini santri menjadi sedikit tidak seperti sebelum pandemi, tujuan dari kegiatan ini ialah membangkitkan kembali semangat para santri untuk mengaji kembali bahkan sampai pimpinan langsung yang memimpin kegiatan ini," ujar Muhammad Ihsan yang merupakan salah seorang DKM di masjid ini. 

Masjid ini memiliki latar belakang yang mengharukan, karena pada awalnya masjid ini banyak ditinggali oleh anak-anak jalanan yang tidak punya tempat tinggal. Karena tidak punya tempat yang cukup besar, hanya diadakan untuk laki-laki saja. Selain itu, anak-anak disana juga membangun sebuah bisnis di bidang kuliner bersama yaitu Martabak Santri.

"Kita juga membangun sebuah bisnis kecil-kecilan di bidang kuliner, namanya Martabak Santri karena memang dikelola oleh alumni santri dari sini," ucap salah seorang santri.

Masjid ini kian menginjak usia 15 tahun, sudah banyak kemajuan yang ada baik dari kegiatan, maupun bangunan-bangunan yang ada di Masjid tersebut. Selain para santri, warga sekitarpun turut mengikuti kajian dan kegiatan-kegiatan yang diadakan di Masjid ini. 

Reporter : Siti Allawiah, 3D/KPI


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023