Jaga Keharmonisan Keluarga, Ustaz Maman: Inilah Tanggung Jawab Suami Istri

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Manar Pasirbiru Jl. A.H Nasution Gudang Sikat RT. 01 RW. 02, Kel. Pasirbiru, Kec. Cibiru, Kota Bandung mengadakan pengajian khusus ibu-ibu pada Ahad, (29/10/2023). Kegiatan ini dilaksanakan bakda Zuhur hingga Asar dan rutin setiap pekannya, yakni pada hari Ahad.

"Penyelenggarakan pengajian khusus ibu-ibu ini merupakan agenda dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Manar Pasirbiru. Dan program ini pun rutin dihadiri dan terus dilestarikan oleh masyarakatnya," ujar Ketua DKM.

Pernikahan adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah Swt. Agar hidup berumah tangga mendapat rahmat-Nya, maka hendaklah kita melakukan segala yang baik dan taat kepada Allah Swt. Disinilah visi misi dari suami dan istri perlu disatukan agar bisa menjaga keluarga dari api neraka. Allah Swt. berfirman dalam surat At-Tahrim:
 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارً
"Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga dari api neraka jahanam." 

Ini menunjukkan seorang kepala rumah tangga (suami) berusaha untuk mendakwahi anak dan istrinya. Dia tidak boleh egois, yang penting saya sendiri salih, tidak begitu. Tapi dia ditugaskan oleh Allah Swt. untuk mendakwahi anak dan istrinya. Namun kalau anak istrinya tidak beriman, maka dia lepas tanggung jawab, yang penting dia sudah berusaha.

Contoh kisah nyata yaitu tentang istri Fir'aun yang suaminya kafir, istrinya yang salihah. Kekafiran suaminya tidak mempengaruhi dirinya, masing-masing berbeda. Suaminya (Firaun) di neraka mungkin yang paling dasar. Sementara istrinya, yaitu Asiyah binti Muzahim rahimahallahu ta'ala di surga Allah Swt.

"Ini menunjukkan bahwa kita masing-masing akan bertanggung jawab atas diri sendiri. Suami bertanggung jawab atas dirinya, istri bertanggung jawab atas dirinya, anak bertanggung jawab atas dirinya, bapak bertanggung jawab atas dirinya," ujar Ustaz Maman.

Reporter: Fauziah Salma Khoirunnisa KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023