Eli Sukari, Seorang Tokoh Sekaligus Pejuang Pembangunan Semangat Jihad Masyarakat Cipadung

Dakwahpos.com, Bandung - Ustad Eli Sukari, seorang tokoh masyarakat Cipadung , telah menduduki posisi Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Ikhlas Cipadung di Bandung. Dalam perannya yang sentral, Ustad Eli tidak hanya memimpin kegiatan keagamaan, tetapi juga menjadi inspirator dalam membentuk lembaga yang berperan signifikan dalam perkembangan spiritual dan sosial masyarakat setempat.

Pria kelahiran 1962 ini sedari dulu merupakan aktivis keagamaan baik di kampung asalnya maupun tempat bersinggah sekarang, sembari bekerja di daerah Nagreg beliau tetap mengajar kajian ba'dha Maghrib di Masjid. Beliau juga merupakan ketua pelaksana pendirian Masjid Al Ikhlas Cipadung yang dulunya tidak terurus sampai menjadi beringkat dua seperti sekarang dengan fasilitas yang lebih baik juga.

Sebelum menjadi ketua DKM Al Ikhlas Cipadung, beliau saat masa kuliah di Institut Islam Siliwangi Bandung, beliau mendirikan Madrasah Diniyah harian untuk anak-anak,"Waktu itu tahun 80-an, saya dan teman-teman berinisiatif untuk membangun semangat masyarakat khususnya Karangtaruna daerah tersebut supaya lebih semangat menuntut ilmu agama, kebetulan tenaga pengajarnya juga dari sukarelawan mahasiswa daerah Kota Bandung."Ujar Beliau.

Baik dimasa muda maupun masa sekarang saat memasuki umur ke-60 nya Beliau tetap semangat bergerak dalam kegiatan keagamaan untuk masyarakat, "Setiba saya disini dan melihat keadaan tempat ibadah masyarakat, hati saya tergerak untuk memperbaikinya, karena bagaimana mungkin tempat kita tidur (rumah) lebih bagus daripada tempat kita menghadap Allah SWT." Ucap Beliau.

Beliau mendirikan kepanitiaan pembangunan Masjid dengan keyakinan kuat, bahwa semua yang diniati untuk kebaikan pasti akan dilancarkan oleh Allah SWT. "Dengan modal seadanya saya dan teman-teman panitia yakin untuk memulai membangun Masjid ini supaya lebih baik, alhamdulillah sekitar sua tahun lantai satu selesai, namun karena kami merancang bangunan supaya bertingkat jadi genteng masjid kami masih memakai seng, dan tentunya kurang nyaman untuk jamaah Masjid, tapi saya yakin kalau kita percaya pada Sang Maha Kuasa, Inshallah semua ada jalannya. Dengan menggerakan masyarakat dan yakin atas kehendak Allah pasti ada jalan." Ujar Ustad Eli.

Tentunya perjalanan beliau hingga saat ini tidak dicapai dengan begitu mudahnya, berbagai rintangan dan halangan pasti selalu ada disetiap jalan yang kita dilalui, beliau berharap kepada masyarakat muda pelajar dan mahasiswa untuk meningkatkan semangat jihad dijalan Allah, Beliau mengatakan jangan melihat berapa yang di dapat didunia tapi apa yang menanti kita nanti di akhirat kelak. "Semoga generasi-generasi muda sekarang semangat jihadnya tidak mudah luntur, Amiin." Ucap Beliau.

 

Mohammad Izza Izzulhaq KPI 3(B)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023