Dari Permasalahan Hak Waris, Berdirilah Masjid Al-Amin Cimekar

Dakwahpos.com, Bandung– Masjid merupakan bangunan penting dalam Islam. Sebagai tempat beribadah buat umat Muslim, masjid memiliki peran yang luar biasa sebagai pusat kegiatan keagamaan dan spiritual. Hal itu terlihat pada berbagai kegiatan yang ada di Masjid Al-Amin, Cimekar.

Masjid yang beralamat di Cimekar, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung ini berdiri pada tahun 2008 yang baru selesai berdiri kokoh nan megah pada 2019. Bangunan awalnya hanya sebuah musala berukuran tidak begitu besar, disulap oleh masyarakat sekitar menjadi sebuah masjid yakni dinamakan Masjid Al-Amin. Masjid ini dibangun dengan penuh perjuangan dan semangat kebersamaan warga setempat.

"Ya begitulah, penuh perjuangan untuk mendirikan Masjid Al-Amin ini dengan semangat pembangunan bersama warga di sini," ucap Yana Suryana selaku ketua DKM ketika diwawancara, Rabu (08/11/2023).

Yana juga membeberkan bahwa masjid yang berdiri megah nan mewah ini berada di atas tanah wakaf dari pasangan suami istri yaitu alm. H. Amin dan almh. Hj. Atikah. Dengan kebesaran serta keikhlasan dari mereka diberikan tanah ini untuk didirikan masjid.

Namun, seiring berjalan dan berkembangnya pembangunan masjid ini, acap kali pihak keluarga atau hak waris dari alm & almh untuk mengambil hak penuh dari masjid ini. Hingga perkara tersebut puncaknya diselesaikan pada persidangan.

"Memang sebelum almarhum & almarhumah meninggal tidak meninggal surat waris atau keterangan bahwa tanah ini menjadi milik warga untuk didirikan masjid, sehingga pihak keluarga atau waris menuntut hak mereka," ujar Yana.

Alhamdulillah perkara tersebut sudah dibereskan dan warga dapat serius untuk merawat serta membesarkan masjid dari segi bangunan maupun eksistensi nama. Tercipta pula web Masjid Al-Amin, selain itu difasilitasi Wifi untuk warga atau anak-anak muda dapat mengaksesnya apabila ada Kumpulan seperti remaja karang taruna dan lainnya.

"Semua dana yang masjid ini peroleh dari masyarakat, dikelola Kembali untuk dapat dinikmati oleh masyarakat pula," tutupnya.

Penulis: Akbar Satria/ KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023