Ustaz Toteng: Tiga Nasihat Penting Bagi Pemuda Untuk Peringati Hari Sumpah Pemuda

Dakwahpos.com, Bandung- Perayaan Hari Sumpah Pemuda ke-95 menjadi salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh DKM Jami Al-Jihad Mekarjati dan komunitas pemuda-pemudi Mekarjati, Senin (30/10/2023). Kegiatan yang mengusung tema "Gelora Pemuda Untuk Kebanggaan Nusantara" ini diperuntukkan bagi warga RW 05 dan 06 sebagai bentuk peringatan terhadap hari penting bangsa Indonesia. Pelaksanaan kegiatan bertempat di lapang terbuka yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Jami Al-Jihad Mekarjati, RT 07/05 Kelurahan Pasirbiru, Cibiru, Kota Bandung.

Aceng Kurnia, selaku ketua DKM Jami Al-Jihad Mekarjati berkata bahwa kegiatan ini pada mulanya merupakan kegiatan pengajian jemaah masjid seperti biasanya. Namun, dikarenakan warga RW 06 akan melaksanakan kegiatan peringatan hari sumpah pemuda, maka diadakan penggabungan kegiatan masyarakat dari kedua rukun warga (RW) tersebut. Selain memperingati hari sumpah pemuda, kegiatan ini juga sekaligus memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

Tausiah dalam kegiatan ini menghadirkan Ustaz Toteng sebagai penceramah. Dalam tausiahnya, Ustaz Toteng membawakan materi terkait hari sumpah pemuda, pemuda sebagai kebanggaan nusantara. Ia menyampaikan bahwa seorang pemuda harus mengikuti akhlak Rasulullah SAW dalam bersikap, khususnya dalam bersikap di masyarakat.

"Pemuda! Akhlak pemuda itu harus senantiasa mengikuti akhlak Rasulullah SAW. Sebagaimana telah dikatakan bahwa sesungguhnya rasul diutus untuk menyempurnakan akhlak segenap manusia. Pemuda harus mempunyai sifat siddiq (jujur), karena hanya sedikit dari pemuda yang jujur pada zaman ini. Selain itu, pemuda juga harus memiliki sifat amanah, Karena ketika generasi sekarang rusak, maka generasi selanjutnya juga akan rusak," ucap Ustaz Toteng.
 
Selanjutnya ia memaparkan cara-cara memperingati hari sumpah pemuda bagi pemuda masa kini. Ia juga memberi beberapa nasihat khususnya bagi pemuda di era globalisasi seperti sekarang ini.

"Dalam memperingati hari sumpah pemuda, kalian bisa melakukan tiga hal, diantaranya yaitu jadi manusia yang paling baik dalam pandangan Allah SWT, jadi manusia yang ikhlas, dan jangan sombong. Pemuda! Apapun yang dikerjakan harus ikhlas. Hidup ini jangan lelah tapi harus lillah, lakukan salat dan berbuat kebajikan. Mari kita jaga Indonesia saat ini, hidup gunakanlah akal jangan sampai kita dikuasai oleh nafsu!," pungkasnya.

Reporter: Yunita Nuraida, KPI/3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023