Ustaz Ahmad Zian Peratama Ingatkan Pentinya Salat Berjamaah


Dakwahpos.com, Bandung- Kajian rutin dilakukan di Masjid Al-Muhajirin Antapani Kidul setiap Sabtu Subuh (14/10/2023). Khatib kali ini diisi oleh Ustaz Ahmad Zian Peratama Lc yang membahas tentang Pentingnya Salat Berjama'ah". Tujuannya agar masyarakat muslim atau para pendengar untuk senantiasa melaksankan salat berjamaah karena diwajibkan bagi laki-laki untuk melaksanakan salat berjamaah di masjid.


 Dalam agama Islam, salat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dikerjakan sehari hari bagi umat muslim. Baik itu shalat subuh yang di laksankan sebelum matahari muncul, zuhur di siang hari, asar, magrib, dan isa di malam hari. Kelima amalan salat ini mempunyai hukum fardu atau wajib, sehingga tidak boleh ditinggalkan tanpa alasan.


"Salat berjamaah menjadi amalan yang dapat meningkatkan peluang diterimanya ibadah salat dibandingkan salat yang dilakukan secara pribadi. Bukan hanya itu, keutamaan shalat berjamaah juga dapat memberikan banyak pahala serta ampunan dari Allah atas segala dosa", ucap ustaz Ahmad.


Ustaz Ahmad juga menyampaikan bahwa terdapat dua pandangan hukum ulama mengenai shalat berjamaah. Dimana menurut jumhur ulama, hukumnya sunnah muakad, sedangkan menurut Imam Ahmad Bin Hanbal, shalat berjamaah mempunyai hukum wajib.

 Perlu diketahui, bahwa Rasulullah selalu melaksanakan salat berjamaah dan tidak pernah meninggalkannya. Rasulullah pernah memberikan peringatan keras tentang kewajiban shalat berjamaah.

 "Demi jiwaku yang berada dalam kekuasaan-nya, sungguh aku bertekad menyuruh mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku suruh seorang adzan untuk shalat dan seseorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi kepada orang-orang yang tidak ikut salat, kemudian aku bakar rumahnya", tutup oleh ustaz Ahmad.

Reporter, Mutiara Widya Kumala/KPI 3C


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023