Sharing Night Session Masjid Salman ITB Bahas Pola Hadapi Ujian Hidup

Dakwahpos.com, Bandung- Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan Sharing night session ke-5 bersama Ustaz Aguz Al-Muhajir dengan topik I am stronghold. Kegiatan yang terbuka untuk umum ini dilaksanakan bakda salat magrib di Ruang Utama Masjid Salman ITB pada Senin (9/10/2023). 


Program kegiatan Gamais ITB ini mengkaji tentang bagaimana menghadapi berbagai ujian dan persoalan hidup menurut perspektif Al-Qur'an. Ustaz Agus Al-Muhajir menyampaikan bahwa fungsi ujian hidup adalah cara Allah mendidik seorang hamba. Allah murnikan cinta hamba-Nya dengan melucuti segala cinta-cintanya kepada yang lain sampai yang tersisa hanya cintanya kepada Allah Swt. 


"Di dalam QS. Hud : 123, yang menjadi indikator apakah kita sudah on the track atau tidak setelah menghadapi ujian adalah hadirnya ketakwaan kepada Allah. Karena banyak orang bertawakal dan menyandarkan hatinya kepada makhluk. Kita mesti belajar dari kekasih Allah, Nabi Ibrahim dalam QS. As-Saffat : 102. Pola luar biasa yang diujikan oleh Allah kepada Nabi Ibrahim adalah ujian untuk keselamataan diri, istri, kemudian anak," jelas Ustaz Agus.


Ustaz Agus Al-Muhajir melanjutkan penjelasannya terkait ujian yang dialami Nabi Ayyub a.s. yang ditinggalkan anaknya dan ditimpa penyakit kulit. Lalu Allah mengabadikan do'a Nabi Ayyub dalam QS. Al-Anbiya : 83 tentang pernyataannya bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Penyayang. Beliau telah berada di titik yang kokoh dalam pemurnian cinta kepada Rabbnya. Maka Allah hadiahkan kesembuhan dan mengumpulkan kembali keluarganya, tercantum dalam QS. Sad : 42-43.


"Kita harus sabar dalam menyikapi ujian hidup. Jaga hati agar selalu dalam keadaan bersih, sehingga bisa tepat dalam memilih keputusan. Maka lihat siapa yang memberikan ujian, itu akan lebih mudah untuk bisa sampai dalam kesabaran. Jangan lihat ujiannya, selama datangnya dari Allah, insyallah kebaikan semuanya," pungkas Ustaz Agus.


Reporter : Ifah Latifah, Mahasiswi KPI 3B


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023