Masjid Jami Al-Mubarokah Gelar Salat Jumat Hukum Meninggalkan Salat.

  
 
 Dakwahpos.com - Bandung-Masjid Al-Mubarokah yang bertempat di Jl. Raa Wiranata Kusumah, Kec. Baleendah, Kab.Bandung. Gelar salat jumat dengan tema hukum meninggalkan salat. Pada jumat, (30/09/2023), khutbah yang diisi oleh Ustaz Iwan Setiawan
. "Salat adalah kewajiban bagi setiap muslim dan meninggalkan tanpa uzur yang jelas akan berdosa. Dosa meninggalkan salat lima waktu ini sangat besar, karena salat ini adalah perintah langsung dari Allah SWT yang diterima langsung oleh Nabi Muhammad SAW pada isra miraj berbeda seperti ibadah yang lainnya. Ustaz Iwan Setiawan mengutip dalam hadist Nabi SAW yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah salatnya. Apabila salatnya baik maka dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan, sebaliknya apabila salatnya rusak maka dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari salat wajibnya, Allah mengatakan, 'Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan salat sunah? Maka salat sunah tersebut akan menyempurnakan salat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu," ucapnya mengutip hadis Nabi. 
Ustaz Iwan Setiawan mengingatkan kepada jamaah barang siapa yang meninggalkan salat subuh, "Allah akan menenggelamkannya kedalam neraka jahannam, barang siapa yang meninggalkan salat zuhur, dosa sama seperti membunuh 1000 orang muslim, barang siapa yang meninggalkan salat asar, dosa seperti menghancurkan kabah, barang siapa yang meninggalkan salat magrib, dosa seperti berzina dengan bapak-ibu sendiri, dan barang siapa yang meninggalkan salat isya, Allah berseru kepada mereka "Hai orang-orang yang meninggalkan salat isya, bahwa Aku tidak lagi ridha engkau tinggal dibumiKu dan menggunakan nikmat-nikmatKu. "Barang siapa yang menyia-nyiakan salat, maka itu merupakan sebuah kesesatan sambil mengutip Qs.Maryam (19): 59-60.
 Semoga jamaah bisa rajin melaksanakan salat 5 waktu dan tidak meninggalkannya."terus istiqomah mengerjakan salat lima waktu dan menjadi orang yang cemas bila belum melaksanakan salat," ujar Ustaz Iwan Setiawan.
 Muhamad Hendri Nugraha,Mahasiswa Jurusan KPI UIN SGD Bandung  

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023