Khotbah Jumat DKM Bir 'Ali Cipadung Kidul: Penjajahan Palestina Merupakan Tanggung Jawab Semua Bangsa

Dakwahpos.com, Bandung - Dalam rangka ikut serta berperan aktif membela Palestina dari penjajahan Israel, DKM Bir 'Ali kupas tuntas dalam Khotbah Jumat menjelaskan tentang kewajiban bangsa Indonesia untuk menolong Palestina, Jumat (13/10/23).

Pada Khotbah Jumat kali ini yang menjadi Khotibnya ialah Ustaz Asep Rudi, beliau menyampaikan dari awal bahwa Palestina merupakan salah satu negara Islam yang mengalami penjajahan, yang dimana dari penjajahan ini berdampak sangat besar sekali terhadap kehidupan disana baik dari segi pendidikan, ekonomi, maupun politik.

"Pendudukan Israel terhadap Palestina adalah pelanggaran hak-hak yang sah, sebagaimana halnya dengan semua bangsa di seluruh Dunia," ujar Ustaz Asep Rudi.

Khotib juga menjelaskan bahwa seorang mukmin terhadap mukmin lainnya ialah bersaudara dan kewajiban bersaudara seharusnya saling membantu satu sama lain seperti halnya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia kepada Palestina dalam hal berbagi kebutuhan pokok seperti makanan dan pakaian. 

Tetapi, Khotib juga menyampaikan bahwa ketika ingin menolong Palestina jangan berpikiran sebelum menolong yang jauh yang dekat dahulu yaitu Indonesia, karena kalimat seperti merupakan kalimat yang dapat menyakiti umat muslim yang ada di Palestina. 

"Seorang mukmin dengan mukmin lainnya ibarat sebuah bangunan yang saling menguatkan dengan bangunan lainnya," ujar Ustaz Asep Rudi. 

"Toh Indonesia masih banyak yang hidupnya susah, kalau mau bantu muslim ya bantu yang dekat saja. Ini kalimat miris yang sangat menyakitkan hati saudara kita di Palestina," jelas Ustaz Asep Rudi.

Dalam khotbah Jumat ini juga Khotib menjelaskan bahwa kita harus bermanfaat bagi orang lain, khususnya bagi saudara kita di Palestina dengan memberikan pertolongan baik dengan harta, doa, ataupun himbauan kepada sesama muslim.

"Jadilah yang bermanfaat bagi orang lain, baik dengan harta, baik dengan doa, atau himbauan-himbauan kepada sesama muslim baik di lingkungan kita ataupun sosial media," ujar Ustaz Asep Rudi.

Reporter : Zidan Muhammad Sirojudin, KPI/3D.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023