Ketua DKM Al-Muhajirin Sampaikan Keutamaan Mendoakan Sesama Muslim

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Al-Muhajirin yang bertempat di Jalan Cipadung Kec. Cibiru Kota Bandung menyelenggarakan doa bersama untuk warga Palestina yang tengah berjuang melawan pasukan Israel sebagai bentuk kepedulian sosial dan saudara se-muslim dalam kegiatan rutinan pembacaan Yasin pada malam Jumat (26/10/2023).

Dipimpin oleh Drs. Zaenudin Samsuri selaku Ketua DKM Al-Muhajirin yang mengawali pembacaan tahlil dan Al-Fatihah khusus untuk saudara muslim kita di Palestina. Berdoa untuk keselamatan dan kemaslahatan mereka di negeri seberang. Pertikaian antara Palestina-Israel ini sudah terjadi sejak lama dan akhir-akhir ini tersulut kembali disebabkan perlawanan dari Palestina yang mengakibatkan banyak korban jiwa yang berguguran.

"Sebagai sesama muslim yang tinggal di negara yang mayoritas muslim, patutlah kita membantu saudara kita yang tengah berjuang di jalan Allah Swt. Setidaknya jika kita tidak membantu mereka untuk terjun langsung di medan peperangan, kita membantu secara materiil dan doa," tutur bapak Zaenudin.

Seperti yang kita ketahui bersama, berdoa adalah bentuk permohonan dan pengharapan kita kepada Allah Swt terhadap suatu hal. Tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri. Seorang muslim juga dapat berdoa untuk orang lain apalagi bila orang yang didoakan juga tidak mengetahui hal tersebut.

Keutamaan mendoakan sesama muslim tercantum dalam hadis riwayat Muslim yang berbunyi :
مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلِ رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Menambahkan bapak Zaenudin, tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya itu kecuali malaikat berkata, 'Dan untuk kamu juga seperti itu.

"Marilah kita gemakan selawat dan doa untuk saudara kita yang sedang berjuang ataupun yang sudah syahid, semoga Allah Swt selamatkan mereka dan agungkan derajatnya. Amin yaa rabbal 'alamin,"

Doa yang kita panjatkan untuk sesama kaum muslim secara ikhlas insya Allah mustajab dan kita selaku yang mendoakan pun akan mendapatkan apa yang didapatkan oleh saudara muslim yang kita doakan.


Reporter: Inayatul Gaida Mahasiswa KPI 3/B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023