DKM Jami Al-Ikhlas Adakan Kajian, Keutamaan Surah Al-Fatihah

Dakwahpos.Com,Bandung - Masjid Jami Al-Ikhlas yang beralamat di jln.Cilengkrang Rt 05 RW 04 Desa cisurupan Kecamatan Cibiru Kabupaten Bandung.Menggelajar kajian mingguan kegiatan ini di hardiri oleh segenap masyarakat Cilengkrang pada (26/10/2023).


Kegiatan ini yang diselenggarakan Di Masjid Jami Al-Ikhlas Cilengkrang ini.Bertujuan untuk untuk mengharapkan pahala dari Allah SWT , selain itu untuk menjalin silaturahmi DKM Al-Ikhlas dengan masyarakat yang lainnya dalam bingkai ukhuwah islamiyah,masyarakat setempat antusisas mengikuti pengajian yang di isi oleh Ustadz H.Tata.


Surat Al-Fatihah merupakan induk dari surat-surat yang ada di Al-Qur'an,makna dalam Al-Qur"an terangkum dalam 7 ayat yang ada di surat Al-Fatihah.Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al-Qur'an dan merupakan surat yang sangat istimewa karena statusnya sebagai pembuka kitab suci Al-Qur'an,dan selain itu juga menjadi pembuka pintu langit.


Keistimewaan surat Al-Fatihah yang pertama surat Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al-Qur'an.Artinya surat Al-Fatihah seperti pintu gerbang untuk Al-Qur'an,setiap kali memulai shalat surat Al-Fatihah adalah hal yang paling wajib dibaca,jika tidak membaca surat Al-Fatihah maka tidak sah shalat nya,ia menandakan bahwa surat Al-Fatihah adalah bacaan untuk memulai doa dan ibadah.

 
Kedua cahaya Allah yang hanya diberikan kepada Rasulullah,dalam riwayat hadits bukhari muslim dikatakan" ...turun sesosok malaikat,lalu beliau bersabda,"ini adalah malaikat yang diturunkan kebumi yang belum pernah diturun kan kecuali pada hari ini ".Malaikat tersebut lalu mengucap salam,"aku kabarkan dua cahaya yang belum pernah diberikan kepada nabi sebelum mu,yaitu surat Al-Fatihah dan penutup surat Al-Baqarah.Tidak ada satu hurup pun darinya yang dibaca (ketika berfoa) kecuali diberikan ( dikabulkan) .(H.R Bukhari Muslim)


Ketiga,sebagai penyembuh surat Al-Fatihah ini di kenal sebagai "syifa" .Keempat,berisi tentang doa terbaik,surat Al-Fatihah ini berisi tentang doa dan pujian kepada Allah,pemohonan kepada Allah agar diberikan kebaikan,petunjuk,kita juga memuji Allah sebagai Tuhan semesta alam. Kelima,sebagai pindung,surat Al-Fatihah mengandung permohonan agar di jauhkan dari kesesatan.


Setiap harinya kita shalat 5 waktu belum juga dengan shalat-shalat sunnah nya,bagaimana ga lancar itu surat Al-fatihah setiap hari nya juga dibaca puluhan kali. "Ungkap Ustaz H.Tata". Di akhir pengajian ustaz mengingatkan,supaya ibadahnya tepat waktu,selalu ingat Allah dimana pun dan kapan pun itu,dan ditutup dengan doa kafaratul Majelis.

 

Reporter : Shilvia Agustiani,KPI 3D


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023