Pengajian Rutin Masjid Al-Inayah Cibiru Hilir, Yang Bertemakan Fase-Fase kehidupan Manusia

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Al-Inayah yang beralamat di komplek bumi harapan, blok EE.5 No.27 RT.03 RW.13 Cibiru Hilir, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung- Jawa Barat, mengadakan kegiatan pengajian rutinan pada hari Sabtu (23/09/2023), Kegiatan rutinan ini di mulai Pukul 16.00-17.00 WIB. Acara ini di hadiri oleh ibu-ibu di kampung setempat.

Kegiatan pengajian ini memang sudah menjadi rutinan setiap hari sabtu, pengajian rutinan ini juga sudah berjalan sangat cukup lama kurang lebih sudah 20 tahun, Kajian ini sudah menjadi wadah tempat menuntut ilmu bagi ibu-ibu, walaupun umur sudah tua ibu-ibu disini masih sangat antusias dan sangat bersemangat untuk mencari ilmu, karena bagi seluruh umat islam menuntut ilmu itu wajib dan tidak memandang umur masih muda atau tua.

Kegiatan pengajian rutinan ini di isi tausyiah oleh Ustadz. Aang yang bertema fase-fase kehidupan manusia, Dalam tausyiah yang disampaikan Ustadz Aang ada 4 fase kehidupan yang akan dijalani oleh manusia.

Fase pertama adalah fase arwah atau ruh, pada fase ini Allah menciptakan cikal bakal ruh yang akan menempati jasad, Manusia merupakan makhluk terakhir yang diciptakan Allah setelah sebelumnya Allah telah menciptakan makhluk lain seperti malaikat, jin, bumi, langit dan seisinya. Allah menciptakan manusia dipersiapkan untuk menjadi makhluk yang paling sempurna. Karena, manusia diciptakan untuk menjadi khalifah di muka bumi dan memakmurkannya.

Yang kedua adalah fase rahim, disini Allah meniupkan ruh kedalam rahim, sehingga manusia akan berada dalam tempat yang sempit dan gelap, Rihlah pertama yang akan dilalui manusia adalah kehidupan di alam rahim: 40 hari berupa nutfah, 40 hari berupa 'alaqah (gumpalan darah), dan 40 hari berupa mudghah (gumpalan daging), kemudian ditiupkan ruh dan jadilah janin yang sempurna. Setelah kurang lebih sembilan bulan, maka lahirlah manusia ke dunia.

Fase ketiga adalah fase dunia, pada fase inilah manusia menjalani hidupnya untuk mengumpulkan amal dan kebaikan sebagai bekalnya diakhirat nanti, Di dunia perjalanan manusia melalui proses panjang. Dari mulai bayi yang hanya minum air susu ibu lalu menjadi anak-anak, remaja dan baligh. Selanjutnya menjadi dewasa, tua dan diakhiri dengan meninggal. Sebagian meninggal saat masih bayi, saat masa anak-anak, sudah remaja dan dewasa, sebagian lainnya ketika sudah tua

Dan fase yang terakhir adalah alam akhirat, pada fase ini manusia akan ditanya tentang perbuatannya selama di dunia, ditimbang amal baik dan buruknya, dan diberikan keputusan, apakah seseorang itu akan menghuni surga atau neraka.

Dengan adanya kegiatan pengajian rutin ini kita bisa melihat bahwa ibu-ibu di kampung setempat ini masih sangat bersemangat untuk menuntut ilmu walaupun umur mereka sudah tidak muda lagi, dan ilmu yang di terima oleh ibu-ibu bisa bermanfaat dan berkah dunia akhirat.


Nisrina Thufailah Robbani. KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023