Ciptakan Generasi Islami, TPQ Al-Amanah Bekali Peserta Didik dengan Ilmu Akhlak dan Fikih Sejak Dini

dakwahpos.com, Bandung - Selain mengajarkan ilmu baca dan tulis Al-Qur'an, Taman Pendidikan Al-Quran (TKQ) Al Amanah Istana Kawaluyaan, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buahbatu, juga mengajarkan ilmu akhlak (tata krama) dan fikih (syariah) kepada peserta didik. Hal ini diupayakan oleh para pengajar dan orangtua supaya anak-anak menjadi generasi muda yang berk-akhlak mulia.

"Kegiatan di TPQ Al-Amanah dimulai dari jam empat sore. Kami mengajarkan anak-anak untuk melakukan hal-hal kecil seperti mengucapkan salam kepada guru dan teman, berdoa dengan khusyu', dan berperilaku sopan. Hal itu agar mereka menjadi terbiasa dan menerapkannya ketika di luar TPQ. 30 menit pertama, diisi dengan mengaji dan murojaah surah-surah pendek. Kemudian sisa waktunya digunakan untuk belajar ilmu akhlak dan fikih sesuai kelasnya," ungkap Ibu Naning, Kepala TPQ Al-Amanah.

Ibu Naning juga memaparkan bahwa pentingnya mengenalkan dan mempraktekkan perilaku terpuji kepada anak-anak meskipun usianya masih kecil. Karena anak-anak pada umumnya lebih cepat belajar Mereka lebih mudah menerima pengetahuan baru. Namun, pengajar dan orangtua harus tetap mengawasinya supaya tumbuh kembang mereka terarah dengan baik.

"Materi fikih, akidah, dan akhlak diajarkan di hari Senin sampai Rabu. Lalu untuk setoran surah pendek di hari Kamis. Untuk hari Jumat kegiatannya adalah praktek sholat bersama, ruangannya ada di lantai bawah," jawab beliau mengenai jadwal kegiatan di TPQ Al-Amanah.
Hingga saat ini, peserta didik TPQ Al-Amanah telah mencapai 50 orang dari berbagai usia.

Dengan adanya pembelajaran ilmu akhlak dan fikih, para orangtua dan tenaga pengajar berharap anak-anak dapat menjadi generasi muda yang berakhlak karimah serta bermanfaat bagi orang lain di masa depannya.
Esa Mafatihurrahmah/KPI 3A
Foto : Kegiatan mengaji di TPQ Al-Amanah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023