Kegiatan Rutinan Kajian Anak Jadi Langkah Awal Penyebaran Nilai Islam

Dakwahpos.com, Bandung-Masjid Al-Wathaniyah yang berlokasi di Sindangreret, Cibiru Wetan mengadakan pengajian anak-anak yang berlangsung setiap hari. Biasanya pengajian itu diisi oleh seorang ustadzah bernama Ustadzah Aulia. Lokasi pengajian itu tepat di Madrasah Diniyah Al Wathaniyah, yang berada dekat dengan Masjid Al-Wathaniyah. 

Pengajian rutinan itu selalu dilaksanakan setiap ba'da ashar. Jumlah anak-anak yang mengaji di sana cukup banyak. Mereka merupakan anak-anak yang berusia kurang lebih lima hingga dua belas tahun. Materi yang diajarkan itu beragam. Namun, fokus utamanya adalah belajar membaca Al-Qur'an dan bacaan sholat. 

"Biasanya saya mengajari anak-anak di sini itu membaca Al-Qur'an dan Bacaan Sholat. Kadang-Kadang juga diisi dengan pengajaran Kisah Nabi dan Rasul," ungkap Ustadzah Aulia, (16/10) .  Metode pengajaran yang digunakan Ustadzah Aulia berupa cermaah tanya jawab. Selama kurang lebih satu jam, beliau menyampaikan materi, lalu setelah itu anak-anak dipersilahkan untuk bertanya. 

Tujuan dari diadakannya pengajian rutinan anak ini, selain senagai pemberdayaan masjid juga sebagai pelatihan dan pengajaran untuk anak-anak kecil di desa Sindangreret, Cibiru Wetan. Pengajaran dasar tentang keagamaan di usia dini perlu dilakukan sebagai langkah awal dalam dakwah Islam. Ustadzah Aulia berpendapat, semoga pengajian rutinan anak-anak ini bisa terus berlangsung dan dapat dilanjutkan oleh anak-anak itu kelak. 

Rifa Nurfadilah
Mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023