Hujan Deras, Jemaah Sholat Jumat di Masjid Nurul Hidayah Berkurang

Dakwahpos.com, Bandung - Sedikit jemaah mengikuti shalat Jumat di Masjid Nurul Hidayah, Desa Kertamukti, Kec Cipatat, Kab Bandung Barat, pada Jumat (23/9/2022).

Pantauan saya, khotbah jumat di masjid itu dilaksanakan sekitar pukul 12.00 WIB. Sejumlah jemaah memasuki area masjid saat khotbah dimulai. Pihak masjid nampaknya masih belum menggelar karpet full didalam masjid jadi di satu sisi, tak banyak jemaah yang membawa alat ibadah masing-masing. Mereka hanya beralaskan lantai masjid yang cukup dingin.

Terpantau, ada sebagian jemaah yang sudah melepaskan maskernya. Sebagaimana diketahui, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengizinkan jemaah yang sehat untuk tak lagi memakai masker saat melakukan shalat jemaah di masjid.

Saat khotbah masih berlangsung, para jemaah itu terlihat sudah tidak lagi menjaga jarak satu sama lain.Jemaah sholat jumat hari itu lebih sedikit dari biasanya dikarenakan hujan deras yang mengguyur bersamaan dengan waktu sholat jumat. Bagi orang yang tetap menjalankan ibadah sholat jumat di masjid mereka akan mengusahakannya untuk pergi dengan menggunakan payung ataupun jas hujan, dan bagi mereka yang malas mungkin akan lanjut tidur ataupun sholat dzuhur di rumah masing masing.

Khotbah jumat itu berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Saat Shalat Jumat hendak dimulai, para jemaah baru merapatkan barisannya. Area dalam Masjid Nurul Hidayah  tampak tidak dipenuhi oleh jemaah.Usai shalat dilakukan, sebagian jemaah pulang, sementara sebagian lagi masih tinggal untuk berzikir.

Reporter : Farda dwi cipta KPI 3B
                 UIN Sunan Gunung Jati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023