Arogansi dalam kegiatan Sunday Morning Ride

Oleh : Refa Audina

Pada saat ini, Sunday Morning Ride atau Sunmori telah menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh berbagai pengendara roda dua. Mulai dari Remaja, Dewasa, hingga Lansia tidak luput untuk turut andil dalam meramaikan kegiatan untuk menempuh perjalanan pada suatu titik tertentu. Di mulai setelah Matahari terbit hingga beralih keatas kepala. 

Namun, masih terdapat banyak oknum yang mengikuti kegiatan Sunmori ini dengan mengindahkan cara berkendara yang tidak aman serta tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Aksi kebut-kebutan di jalan diliputi dengan sikap yang arogan dalam mengikuti kegiatan ini telah banyak menimbulkan kecelakaan sehingga merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Sering kita dengar, saat para partisipan kegiatan Sunmori ini beramai-ramai mengendarai roda dua dengan menempatkana diri mereka layaknya seorang Raja di Jalanan. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menggunakan knalpot bising sehingga mengganggu pengendara lain dan masyarakat sekitar.

Menyikapi hal tersebut, Jusri Pulubuhu yang merupakan Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyampaikan pendapat yang melekat kepada kegiatan Sunmori ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, yaitu; ugal-ugalan, tidak mematuhi peraturan lalu lintas, dan sikap arogan menjadi ciri khas dari Group riding atau konvoi kegiatan Sunmori ini. 

Masalah Group Riding ini seharusnya dapat dipahami oleh semua pecinta kendaraan roda dua, terlabil khusus bagi partisipan ataupun Inisiator Sunmori itu tersendiri. Karena mungkin, sebagian dari mereka berpikir bahwa beriringan hanya beberapa motor tidak diperlukan briefing sebelum berkendara dan mengetahui cara menyalip dengan baik dan benar. Tentunya, terkadang hal tersebut membuat pengendara lain menjadi bingung sehingga dapat menimbulkan sebuah insiden.

Oleh sebab itu, hal-hal yang terkait dengan pemahaman akan konvoi kendaraan roda dua perlu untuk diperbaiki. Dari sini, maka diperlukan sosialisasi ataupun edukasi bagi para komunitas motor yang memang sering melakukan kegiatan Sunday Morning Ride ini. Sehingga, tidak mendapatkan stigma yang buruk dari masyarakat dan tentunya saling menjaga keamanan ketika di Jalan Raya. 


Mahasiswi KPI UIN Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023