Ustadz Saeful Efendi : Allah SWT Akan Mengampuni Semua Dosa-dosa Hambanya

dakwahpos.com, Bandung - Dalam khutbah Jum'at di masjid Hayya Allal Falah Tongkeng pada tanggal 29/10/2021, ustadz Saeful Efendi mambahas tentang dosa-dosa yang diampuni oleh Allah SWT. Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosa. Karena sesungguhnya Allah SWT. Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang. 

Sebagaimana tercantum dalam QS. Az-Zumar ayat 53-59, bahwa Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW agar umat islam senantiasa berserah diri meskipun banyak dosa-dosa yang telah diperbuat. Semua dosa kecil maupun besar bisa diampuni oleh Allah SWT. 

Sejatinya tidak ada dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT apabila seseorang itu sungguh-sungguh dalam bertaubat. Ada dosa yang diampuni-Nya setelah ia bertaubat. Tetapi ada juga dosa yang diampuni-Nya walaupun seseorang tidak bertobat. Allah SWT Maha pengampun, Allah senang memberi ampun. Tandanya Allah SWT Maha adil. 

Dosa-dosa itu termasuk dosa besar seperti berzina, membunuh dan minum-minuman keras serta dosa kekufuran dan syirik. Janganlah kita berputus asa dari rahmat Allah. Sebaik-baik orang yang berbuat dosa ialah mereka yang mau bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW pun yang sudah pasti terjaga dari perbuatan dosa (ma'sum) tetap memohon ampunan kepada Allah SWT.

Salah satu sebab diterimanya taubat dan diampuninya dosa, yaitu dengan pengakuan seorang hamba terhadap dirinya yang penuh kekurangan. Ketika kita mengakui semua kesalahan dan dosa-dosa itu, kemudian timbullah rasa hina di hadapan Allah SWT, maka dari itu kita langsung memohon ampunan pada-Nya.

Reporter : 
Rio Mughni Firdaus (1204020131)
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023