Toleransi Dalam Kehidupan

Toleransi adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan baik antar individu maupun kelompok. Untuk menghadirkan perdamaian dalam keberagaman, perlu menerapkan sikap toleransi. Dengan adanya sikap toleransi, konflik perpecahan antar individu maupun kelompok itu tidak akan terjadi. Manusia merupakan makhluk yang berbeda dengan makhluk hidup lain, mempunyai pikiran akal dan perasaan.

Toleransi juga merupakan suatu perbuatan yang melarang terjadinya perbuatan diskriminasi sekalipun banyak sekali terdapat kelompok ataupun golongan yang berbeda di dalam masyarakat. Adanya toleransi agama tentu akan menimbulkan sikap saling menghormati dan juga menghargai antar pemeluk agama.

Pada era globalisasi sekarang, sikap saling menghargai dengan cara bertoleransi antar sesama menjadi semakin sulit ditemukan apalagi pada kalangan anak muda saat ini. Seperti yang kita ketahui dan juga kita dengar di berbagai pemberitaan di media sosial tentang berbagai kasus tidak adanya toleransi dan saling menghargai antar umat beragama di kalangan masyarakat.

Hindari persinggungan atau gesekan dengan orang lain dalam kalangan apapun, selalu tanamkan dalam diri sikap hidup toleransi antar umat beragama, misalnya di kalangan masyarakat atau dalam kalangan mahasiswa. Sikap ini tentu harus dimiliki oleh setiap orang jika mereka ingin hidup berhasil hidup ditengah-tengah masyarakat yang berbeda-beda agama. Berada di lingkungan mahasiswa tentu membuat kita bertemu dengan berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda mulai dari asal daerah, kepercayaan mereka hingga karakter seseorang. 

Toleransi diperlukan untuk bersosialisasi sehingga mendapatkan perasaan saling menghormati dan menghargai antar sesame mahasiswa. Perbedaan akan selalu ada dimanapun, namun dengan sikap saling menghargai dan menghormati, kita akan terhindar dari pertikaian, pertentangan dan permusuhan. Tidak hanya di kalangan mahasiswa saja, sikap toleransi juga harus tetap diterapkan pada setiap orang. Tantangan untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia adalah kewajiban kita sebagai generasi muda penerus bangsa.

Fauziyyah Suci Nur'bayyin
Mahasiswi KPI 3B UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023