Sosial Media adalah Cerminanmu

Di era globalisasi ini, media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi. Hanya dalam satu genggaman, seluruh manusia di muka bumi kini bisa dengan mudah menggunakannya. Beberapa media sosial yang kita gunakan karena kemudahannya adalah Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain.

Tetapi dengan cepatnya perkembangan zaman, membuat kita lengah dalam menempatkan diri. Tidak sedikit dari kita yakni masyarakat Indonesia yang menggunakan sosial media untuk hal yang tidak baik.hal tersebut membuat para pakar luar negeri berpendapat bahwa netizen Indonesia termasuk pengguna sosial media yang tidak sopan. Maka dari itu kita perlu bijak dalam menggunakanya.

Bijak menggunakan media sosial sudah seharusnya kita lakukan saat ini juga khususnya bagi kalian para generasi milenial & Z. Dengan hadirnya internet, media sosial saat ini menjadi tren di berbagai kalangan, anak-anak hingga tua pun banyak yang menggunakan media sosial.

Media sosial memiliki banyak fungsi seperti mencari informasi terbaru, mengunggah foto atau video, mempromosikan barang dagangan, dapat membangun sebuah komunitas, dan lain sebagianya.

Terlebih Kita diberi kebebasan dalam menggunakannya, namun kebebasan ini bukan berarti tidak memiliki etika atau batasan-batasan penggunaannya, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

Penggunaan yang bijak bisa kita pahami dengan  mengubah cara pandang, cara pikir, sikap, perilaku, dan cara kerja bangsa Indonesia yang mengaci nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi kemajuan, agar Indonesia menjadi negara uang maju, modern, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Hafadlah Triananda
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023