Sehat di Musim Pancaroba

Kondisi iklim dan cuaca akhir-akhir ini memang tidak menentu, terkadang saat pagi hari matahari bersinar dan langit cerah tetapi menjelang siang tiba-tiba awan mendung lalu hujan deras begitu saja.  Demikian halnya dengan suhu udara siang hari udara sangat panas dan kemudian malam hari  berubah menjadi sangat dingin. Inilah yang kita kenal dengan musim pancaroba, hal ini sering menimbulkan ketidaknyamanan bukan cuma kondisi tubuh tetapi juga berpengaruh kepada mood kita untuk beraktivitas.

Oleh sebab itu, menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit sangat perlu, terlebih dalam cuaca yang tidak menentu jika tidak berhati-hati dan menjaga kesehatan tubuh akan mudah terserang penyakit seperti diare, infeksi saluran pernapasan, demam dan flu. Berikut beberapa tips menghadapi musim pancaroba agar kondisi tubuh anda tetap dalam kondisi yang prima.

Yang pertama, jangan sampai dehidrasi harus perbanyak minum air putih. Dehidrasi adalah gangguan pada keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini karena pengeluaran cairan lebih banyak daripada cairan yang masuk ke dalam tubuh, jika dibiarkan begitu saja dehidrasi dapat mengakibatkan sakit kepala, pusing, lesu, murung, daya respon rendah, saluran hidung kering, bibir kering dan pecah-pecah, urine berwarna kuning, tubuh lemah, letih dan mudah berhalusinasi.

Kedua, makan dengan nutrisi seimbang. Tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang setiap harinya maka makanlah makanan yang mengandung gizi dalam tubuhnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Nutrisi seimbang ini juga memperhatikan variasi makanan, aktivitas fisik sehari-hari kebersihan dan berat badan ideal. Dengan memenuhi nutrisi seimbang setiap hari tubuh akan terasa fit dan bugar serta tidak mudah terserang penyakit.

Ketiga, mengurangi gula. Mengonsumsi gula yang berlebih yang ada pada makanan atau minuman dengan jangka waktu yang panjang dapat berakibat kurang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Anda dapat mengurangi gula saat membuat kopi atau teh dan mengganti cemilan manis dengan buah-buahan yang menghasilkan manis yang alami dan baik untuk kesehatan. Mengurangi gula juga membantu melancarkan sistem pencernaan, peningkatan energi dan meningkatkan kerja kulit.

Keempat, tambah waktu berolahraga. Dengan menambah  jam olahraga anda dapat meningkatkan aliran darah ke setiap organ tunggal tubuh termasuk kulit dan akan menghaluskan kulit yang lebih baik sehat dan bercahaya indah.

Yang terakhir, jagalah kebersihan. Mandilah setidaknya dua kali sehari, bersihkan semua bagian tubuh dengan seksama, keramas dan sikat gigi yang benar lalu bersihkan tubuh dengan sabun mandi. selain membersihkan tubuh menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting, lingkungan yang jorok akan mengandung virus dan bakteri penyakit. Itulah beberapa tips menghadapi musim pancaroba agar kondisi tubuh anda tetap dalam kondisi yang prima dan dihindarkan segala bentuk penyakit.

 

Muhammad Ramadhani


Mahasiswa KPI UIN

Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023