Penghujung Tahun, Waktu Indonesia Berkabung

Indonesia memang memiliki jutaan keindahan alamnya, negara kebhinekaan ini bahkan dijuluki sebagai Heaven Earth, surganya dunia, karena memang terbukti dengan 17.491 jumlah pulaunya ini merupakan bentuk surga nyata yang Tuhan ciptakan.  Keindahan laut, hutan, hingga kebudayaannya merupakan daya tarik akan betapa wonderful-nya Indonesia.  Bahkan kerap kali, tempat-tempat wisata di Indonesia merupakan mini tour world, seakan orang-orang dari kami tidak perlu lelah keluar-masuk negara, Indonesia juga punya apa yang orang lain punya, bahkan Indonesia punya, apa yang orang lain tidak punya. Begitu beruntungnya SDA yang Indonesia miliki.

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) telah mencatat hampir 2.841 bencana telah terjadi sepanjang tahun 2021. Kebanyakan yang terjadi didominasi oleh bencana hidrometeorologi, cuaca ekstrim yang mengakibatkan angin kencang, banjir, hingga tanah longsor Beberapa faktor lainnya yang menyebabkan Indonesia  negara yang rawan akan bencana adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki ratusan gunung berapi yang masih aktif, lempengan-lempengan tanah yang senantiasa bergerak, dan juga pulau-pulau yang diapit oleh lautan di sekitarnya.

Setelah diceritakan betapa indahnya Tuhan menciptakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, negara pancasila ini harus lapang dengan kenyataan, bahwa keistimewaan ini akan hilang bila tidak dirawat dan dijaga dengan baik. Erupsi Gunung Semeru yang terus beruntun meluapkan laharnya, disusul dengan tsunami dan gempa yang terjadi di NTT dan sekitarnya, kemudian banjir dan tanah longsor yang masih kerap terjadi di daerah Garut atau yang lainnya.

Penghujung tahun 2021 adalah waktunya Indonesia berkabung, ribuan orang merintih karena kehilangan sanak saudara ataupun harta benda, ribuan orang berduka dan turut mendoakan agar semuanya dapat baik-baik dan sama-sama lagi dalam membangun negara yang indah dan merdeka tanpa bencana fisik dan juga mental. Indonesia berduka, mari ulurkan tangan kepada keluarga dan saudara kita yang sedang berjuang, mari kita sama-sama mendoakan yang terbaik yang sudah diberikan oleh Tuhan.

Banafsha Saffa, Mahasiwi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023