Hadapi Bencana Peduli Kemanusiaan

Bencana … sebuah kata yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, sebuah kata lumrah bagi masyarakat Indonesia dan sebuah kata yang sering didengar oleh masyarakat Indonesia.

Sudah seharusnya manusia selalu menjaga dan mencintai alam dengan benar. Namun pada kenyataanya, banyak tangan-tangan usil bahkan orang-orang serakah yang merusak keindahan alam. Mereka mengambil kepentingan sesaat atau untuk kepentingan golongan tertentu. Jika sudah demikian, akibatnya pun bencana alam terjadi seperti banjir, longsor, kekeringan, dan banyak lainnya, sehingga berdampak kepada diri mereka bahkan keluarganya pun bisa terdampak atas karena ulah manusia itu sendiri.

Bencana alam seringkali mengakibatkan dampak besar bagi manusia. Saat terjadi bencana yang dibutuhkan adalah langkah konkrit untuk saling tolong-menolong dalam melalui masa sulit. Bukan juga saling menyalahkan, namun patut kita renungi kenapa hal tersebut terjadi.

Selalu mengambil pelajaran dari bencana alam, jadikan untuk kita lebih menjaga alam dan selalu mendekatkan diri pada Tuhan. Disisi lain hadirnya bencana adalah cara Tuhan menguji hamba-Nya seberapa kuat dan sabar atas musibah yang dihadapi, dan disamping itu juga Tuhan memberi sebuah kesedihan dengan dihadirkannya bencana untuk teguran bagi manusia karena lalai dalam menjaga alam, tidak menyayangi bahkan tidak menjaga alam dengan baik.

Duka Ini Duka Kita Bersama … jangan pernah merasa diri paling aman ketika orang lain terkena musibah, jutsru dengan begitu aksi kita ingin dilihat oleh Allah SWT seberapa peduli akan sesame dan membantu mereka atas apa yang telah terjadi. Bagi mereka yang mampu mengambil hikmah dalam setiap kejadian bencana yang ada dan selalu bersyukur, maka akan mampu melewati ujian-ujian kehidupan ke depannya.

"Musibah yang menimpa itu pada dasarnya untuk memberikan peringatan kepada manusia agar manusia kembali pada kesadaran akan ke Maha Kuasa-an Allah SWT, Pencipta alam semesta."

Tetapi itu semua jangan dijadikan alasan, dengan seenaknya saja merusak alam dan tidak bertanggung jawab, justru kita harus sadar bahwa datangnya musibah itu adalah peringatan dari Allah SWT kepada manusia agar semakin bertaqwa, karena memang ketika manusia terkena musibah disitulah iman mereka di uji.

 

Silmie Rusydiani Sholihah

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat

Jalancagak Des. Maruyung Kec. Pacet Kab. Bandung

081324960958

silmierusysh@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023