Bijak Dalam Memanfaatkan Kemajuan Teknologi

Setiap orang bisa mengakses informasi secara mudah melalui media online (media sosial) seperti Fb, whatsapp, twitter, instagram, dan media-media yang lainnya. Mulai dari kalangan anak-anak,  remaja,  sampai  yang  tua  sekalipun  tak  pernah lepas  dari  handphone/gadget.  Bila digunakan dengan bijak, media sosial tentu dapat membawa banyak manfaat positif  bagi  penggunanya.

Sebaliknya,  penggunaan media  sosial yang  kurang  bijak  dapat berujung pada malapetaka. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh  media  sosial  adalah  terhubung  dengan  orang  lain  tanpa  kendala  jarak  dan  waktu. Kecepatan pertukaran informasi ini memungkinkan beberapainformasi yang beredar di media sosial tidak tersaring dengan baik dan diragukan kredibilitasnya.

Saat ini media sosial sangat mempengaruhi perilaku keseharian. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, kebanyakan dari kita selalu update media sosialnya, mulai dari twitter, instagram, line, bbm, whatssapp, dan masih banyak lagi. Bahkan, tidak jarang yang kecanduan atau berlebihan menggunakan media sosial yang mengakibatkan tugas-tugas utamanya justru terabaikan, seperti belajar atau bekerja.

Dalam melakukan aktivitas komunikasi melalui Internet, seseorang memanfaatkan jaringan yang saling terhubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Internet yang saat ini dengan mudahnya diakses melalui ponsel cerdas atau smartphone sering kali membuat seseorang menjadi ketagihan sehingga tidak mengenal waktu untuk mengaksesnya. Hal-hal yang tidak menyenangkan dari kemudahan mengakses Internet ini yang menjadikan literasi media menjadi suatu hal yang penting.

Adanya asumsi bahwa Internet saat ini dapat dengan mudah diakses melalui ponsel pintar atau smartphone pada dasarnya adalah media yang netral, maka manusia sebagai pengguna yang dapat menentukan tujuan media tersebut digunakan dan manfaat yang dapat diambil. Berdasarkan asumsi tersebut, maka pendidikan media dan pemahaman akan penggunaannya menjadi suatu hal yang penting bagi semua orang. Terutama, dalam penelitian ini adalah para mahasiswa yang kerap menggunakan Internet untuk mencari beragam informasi untuk menunjang pendidikannya. Pemahaman dan penggunaan media ini disebut literasi media Internet.

Helmi Syarah
Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung
Bandung, Jawa Barat
082384476954
Helmisyarah41@gmail.com


Virus-free. www.avast.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023