Duka Bersama Di Penghujung Tahun

Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2021. Banyak hal yang telah kita lewati. Ada suka dan ada duka. Cobaan demi cobaan yang kita lalui tak bukan hanyalah untuk sarana memperbaiki diri agar lebih dekat sang Khaliq. 
Selama satu tahun terakhir, negara tercinta kita telah mengalami banyak hal menyedihkan. Banjir yang menenggelamkan rumah warga, gempa yang memporak-porandakan bangunan hingga letusan Mahameru yang memakan banyak korban.
Duka sedalam-dalamnya kita salurkan kepada saudara kita yang terkena musibah khususnya dan Indonesia pada umumnya. 
Selayaknya sebagai makhluk sosial, kita berempati kepada saudara-saudara kita nun jauh disana. Kita sisihkan sebagian rezeki kita untuk membantu meringankan beban mereka. 
Disini, peran kita sebagai manusia yang bermoral ialah sudah seharusnya kita mengulurkan tangan kita untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana alam. Seberapa kecil atau besar bantuan yang kita berikan pasti akan sangat bermanfaat untuk mereka. Saat ini mereka sedang membutuhkan bantuan dari kita, besok mungkin giliran kita yang membutuhkan bantuan dari mereka.
Lupakan segala perselisihan dan perdebatan, karena di luar sana masih banyak hal penting yang patut untuk kita  tanggapi. Sedikit bantuan akan sangat berharga daripada tidak sama sekali.
Kita sebagai makhluk Tuhan hanya bisa berserah diri kepada-Nya atas datangnya berbagai bencana alam ini. Melihat peristiwa ini mengharuskan diri kita untuk lebih mendekat kepada Sang Maha Kuasa. Kita perlu melakukan introspeksi diri atas apa saja yang telah kita lakukan selama hidup di dunia.


Risalina
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023