Bijak Bermedia Sosial Mulai Dari Kita

Bijak Bermedia Sosial Mulai Dari Kita

Di era saat ini, media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi sehari-hari. Hanya dalam satu genggaman, seluruh manusia di muka bumi kini bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa celah. Beberapa media sosial yang kita gunakan karena kemudahannya adalah Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. Saking mudahnya, kita jadi sering lupa diri dan malah menghabiskan waktu dengan scrolling medsos. Di samping itu, sekarang marak pula terjadinya penyalahgunaan medsos seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan banyak pihak.
Maka mulailah dari diri masing-masing untuk bijak dalam bermedia sosial salah satunya ialah dengan menjaga etika bermedsos. Menjaga etika tak hanya di dunia nyata, namun dalam bermedia sosialpun harus serta merta menjaga etika dengan selalu menjaga bahasa dan sopan santun ketika sedang berkomentar kepada orang lain.
Menghindar dari perkataan kasar yang mengandung unsur-unsur SARA pun dapat termasuk dalam etika bermedia sosial. Jika kita dapat menjaga hal tersebut maka kita telah menghormati orang lain dan orang lain pun akan menghormati kita sebagaimana mestinya.
Selain menjaga etika hal yang harus di perhatikan ketika bermedia sosial yang selanjutnya ialah selalu menjaga dan memperhatikan postingan atau konten yang akan di upload di medsos kamu. Karena dengan mengupload suatu postingan maka akan banyak orang yang melihat serta memperhatikan konten kita. Jika dalam konten tersebut terdapat suatu yang dapat menyinggung atau menjelekan orang lain dapan menjadikan suatu masalah yang bisa berujung kepada pengadilan atas tuduhan pencemaran nama baik.
Dengan menjaga hal-hal tersebut serta selalu berwaspada terhadap informasi yang di dapat dari media sosial menjadikan diri kita untuk bijak dalam bermedsos. Mulailah bijak menggunakan media sosial mulai dari dirimu sendiri, maka orang lain pun akan ikut bijak menggunakan media sosial seperti yang kamu lakukan.

Muhamad Iqbal
Mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023