Bencana Alam Memang Tidak Terduga

Bencana Alam merupakan suatu bencana yang disebabkan oleh peristiwa alam dan mengakibatkan dampak besar bagi manusia. Akhir-akhir ini sudah banyak bencana alam yang sudah terjadi, diantaranya seperti banjir, gempa bumi, longsor, erupsi gunung berapi, dan lain-lain. Dari semua musibah yang terjadi, timbulah kerusakan dan duka bagi orang-orang yang mengalaminya, mulai dari kehilangan tempat tinggal, hewan ternak, tempat penghasil rizki, hingga kehilangan orang yang paling berharga.

Bencana erupsi Gunung Semeru misalnya, para warga yang sedang sibuk dengan aktivitas kesehariannya tiba-tiba dikejutkan dengan munculnya awan panas berwarna abu pekat yang disebabkan oleh abu vulkanik dari Gunung Semeru dan menghampiri kediaman warga, sehingga warga panik dan belarian menyelamatkan diri ke tempat yang jauh lebih aman. Namun tidak semua hal yang diinginkan terjadi, ada beberapa warga yang tidak mengetahui hal tersebut dan terjebak di tempat kediamannya sehingga pasrah pada takdir mereka.

Dan yang terjadi baru-baru ini menurut BMKG yaitu gempa bumi yang melanda dua wilayah sekaligus di Indonesia yaitu  Karangasem, Provinsi Bali yang terjadi dua gempa getaran di hari yang sama, dan wilayah Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan terjadinya beberapa bencana alam ini membuat kita semua harus selalu waspada dimana dan kapan pun, dan mengharuskan kita memiliki pengetahuan mengenai cara melakukan P3K dan nomor telepon penting yang bisa kita hubungi saat terjadinya bencana alam.

 Namun dibalik semua bencana pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil, yaitu selalu bersyukur atas kehidupan yang dijalani saat ini, selalu menjaga lingkungan alam sekitar, tidak merusak alam, dan selalu memantau berita terkini di situs laman BMKG atau berita di televisi agar bisa mengetahui dan waspada dengan keadaan alam yang kita singgahi. Untuk para warga yang terkena bencana tetap semangat dan semoga diberikan kekuatan dalam melewati musibah ini.

Amalia Ristanti, Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023