Wujudkan Moral dan Karakter Anak Usia Dini lewat Pengenalan Dasar Agama Islam di TK Al-Ishlah

Dakwahpos.com, Bandung – Kepala Sekolah TK Al-Ishlah memilih program pembentukan karakter dan pendidikan moral anak usia dini dalam program studi unggulannya ini bertujuan untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik, Kamis (13/10/2022).

Dalam program ini, para pengajar menggunakan teknik atau metode yang beragam diantaranya seperti bercerita, tanya jawab, bercakap-cakap, demonstrasi, karyawisata, eksperimen, bermain peran dll. Sehingga membuat pengalaman para peserta didik jauh lebih berwarna.
Meskipun teknik dan metode yang diberikan sangatlah beragam bentuknya. Namun, menurut salah satu pengajar dari TK Al-Ishlah ini tetaplah harus menyediakan beberapa permainan saat melihat peserta didiknya mulai bosan saat mengikuti kegiatan belajar.

"Yang dilakukan para guru agar peserta didiknya tidak bosan dan rewel yaitu pendidik mengemas pembelajarannya dengan kegiatan yang menyenangkan melakukan ice breaking dan permainan-permainan yang menarik bagi anak", imbuhnya.
 
Dengan menggambil program tersebut, peserta didik dikenalkan berbagai macam kegiatan diantaranya yaitu belajar mengenal dasar-dasar agama dan kegiatan keagamaan. Caranya dengan menjelaskan dan memperkenalkan nilai-nilai agama yang dianut juga mengajarkan peserta didik doa sehari-hari, praktik ibadah, hapalan surat-surat pendek, bersedekah dan membedakan perbuatan yang baik dan buruk.
Kegiatan keagamaan yang dikenalkan kepada peserta didik juga tak kalah beragam yaitu dengan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, peragaan manasik haji atau mengikuti kegiatan yang diadakan oleh FKG PAI.
 
TK Al-Ishlah ini juga sering sekali mengikuti kegiatan-kegiatan perlombaan yang diadakan IGTK, FKG PAI atau lembaga lainnya. Dengan aktif dalam berbagai cabangperlombaan tersebut peserta didik dari TK Al-Ishlah ini banyak sekali mendapatkan juara di masing-masing cabang lomba yang diikuti diantaranya yaitu lomba bacaan sholat tingkat kabupaten kategori anak, fashion show tingkat kabupaten kategori anak, mewarnai se-Bandung Timur, fashion show pakaian dari barang bekas se-Bandung Timur, juara umum yang diadakan SMK Muhammadiyah ddl.
 
Mengikutsertakan para peserta didik dalam berbagai cabang perlombaan bertujuan sebagai tahap perkembangan emosi yang perlu dikembangkan agar anak memiliki jiwa kompetitif yang positif juga peserta didik dapat mengembangkan potensi dalam diri sampai bisa memupuk rasa percaya diri mereka juga bisa mengasah kemampuannya menjadi lebih baik lagi. (Esha Ramadansyah/KPI/3A)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023