Taat Lalu Lintas Tidak Menjamin Keselamatan

Seringkali orang tua menasehati anak nya ketika ingin bepergian dengan menggunakan kendaraan untuk menaati peraturan lalu lintas agar selamat sampai tujuan. Padahal, masih ada kemungkinan ketika kita sudah menaati peraturan lalu lintas, arogansi berkendara dari pengendara lain yang menyebabkan kita celaka.
Tidak jarang lakalantas terjadi karena kelalaian pengendara lain, disaat kita sudah berhati-hati saat berkendara. Dan ada juga ketika lakalantas, yang mengalami kerugian yang lebih besar adalah dari pihak korban yang sudah berhati-hati dan menaati peraturan lalu lintas. Sebagian penyebab kelalaian tersebut adalah ngantuk.
Jadi percuma saja jika kita sudah taat peraturan lalu lintas tapi ngantuk saat berkendara. Tapi ada beberapa tipe orang yang walaupun belum tidur tapi tetap terjaga saat berkendara, ada juga yang walaupun sudah beristirahat cukup tapi tetap mengantuk saat mengendarai motor/mobil. Jadi baiknya kita sadari kita tipe orang yang mana dan bisa mempertimbangkan banyak hal.
Namun, ketika naas menimpa, jika terjadi lakalantas kepada kita. Bersikap bijaklah. Bertanggung jawab jika jadi pelaku, dan tidak semena-mena ketika menjadi korban. Karena sejatinya tidak ada yang menginginkan kecelakaan saat berkendara. Ada janji yang harus dipenuhi. Ada seseorang yang harus dijumpai. Tetaplah bijak di setiap keadaan.

Hamzah Akmal / KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023