Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Indonesia merupakan Negara dengan kondisi geografis yang menguntungkan karena letaknya yang strategis yaitu berada di titik persilangan dua benua dan dua samudera. Karena letak geografisnya Indonesia beriklim tropis, yang dimana perubahan iklim dan cuacanya dipengaruhi oleh angin musim yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.

            Perubahan cuaca di Indonesia biasanya terjadi dua kali yaitu pada bulan Oktober hingga September dan bulan Maret hingga April. Musim pancaroba biasanya ditandai dengan perubahan cuaca yang tidak teratur, kadang panas, angin yang tidak teratur, hujan dengan skala intensitas tinggi, hujan es, yang menyebabkan tubuh harus menyesuaikan diri dalam waktu yang cepat.

Perubahan cuaca yang tidak menentu ini menyebabkan daya tahan tubuh manusia melemah dan sangat rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri, seperti Influenza, Radang Tenggorokan, Asma, Diare, dan lain-lain.

            Jika kita tidak protektif terhadap kesehatan dan daya tahan tubuh, maka tidak diragukan lagi imun tubuh akan melemah dan besar kemungkinan akan terpapar virus, yang mungkin mematikan jika tidak ditangani dengan benar.

            Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga dan mencegah tubuh dari virus dan bakteri pada saat musim pancaroba salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh seperti cokelat hitam, kunyit, ikan, brokoli, ubi jalar, bayam, dan jahe.

            Makanan tersebut dapat meningkatkan imun tubuh karena mangandung nutrisi yang baik dan dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga tubuh kita dapat terhindar dari penyakit.

            Hal lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga secara rutin, mengkonsumsi air putih yang cukup, meminum vitamin, istirahat yang cukup, menjaga pola makan, mengontrol stress, dan menjaga kebersihan. Kita harus protektif dalam menjaga kesehatan tubuh, jika bukan kita yang menjaga diri kita siapa lagi?

 

 

Febrina Nurul Hidayah

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Alamat rumah: Dusun Haurduni RT.01/RW.05 No.2 desa Maja Utara Kab.Majalengka

No hp: 0895636886795

Email: febrinanh10@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023