Memaknai Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari

Toleransi berarti kita menghormati pendapat orang lain tanpa kita keluar dari prinsip kita. Sikap toleransi ini bisa menyangkut agama, ras, suku dan adat istiadat. Toleransi bisa menjadikan persatuan lebih kuat, karena dengan toleransilah kita membelakangkan egosentris kita terhadap seseorang sehingga lebih memahaminya dalam banyak sudut pandan.

Negara Indonesia adalah negara yang terkenal akan keramahannya. Jika membandingkan negara kita dengan negara luar dalam segi keramahannya, maka negara kita sangat unggul dan menjadi percontohan. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi turis luar untuk mempelajari budaya Indonesia sehingga bisa mengangkat budaya Indonesia ke kancah Internasional.

Akan tetapi dibalik itu semua, masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya toleransi dalam kehidupan. Perselisihan akibat perbedaan pendapat menjadi hal yang lumrah terjadi di masyarakat kita. Tentu sangat bertolak belakang jika kita kaitkan dengan keramahan negara kita. Sudah sewajarnya kita memaknai perbedaan yang ada dengan sikap toleran.

Bertoleransi dapat menjaga persatuan dan kesatuan negara kita. Dengan sikap toleransi ini kita mampu merangkul satu sama lain dalam keberagaman. Dengan kita saling merangkul satu sama lain, kita dapat membawa eksistensi Indonesia di kancah dunia dan Indonesia menjadi negara yang maju dan tidak disepelekan oleh dunia Internasional.

 

Ahmad Rifa'i

Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung, Jawa Barat


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023