Mawas Diri di Musim Pancaroba

Dakwahpos.com, Jakarta- Musim pancaroba adalah peralihan dari musim kemarau ke musim hujan dan sebaliknya. Biasanya ditandai dengan perubahan cuaca ekstrem, hujan deras disertai angin kencang. Musim pancaroba juga bisa ditandai dengan teriknya matahari di siang hari, namun dinginnya suhu pada malam hari. Bisa juga seharian hujan mengguyur dan tidak berhenti.


Banyak hal yang harus kita waspadai pada saat musim pancaroba ini. Salah satunya adalah rangkaian penyakit yang dapat menjangkit tubuh kita saat musim pancaroba. Musim pancaroba membuat imunitas menurun dan harus ekstra dalam menjaga kesehatan kita. Penyakit-penyakit yang dapat terjadi pada saat musim pancaroba adalah, flu, batuk, gangguan sistem pencernaan, demam berdarah, tipes, dan berbagai macam penyakit yang hampir serupa.


Sebelum penyakit itu menyerang kita, sebaiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Salah satu hal yang harus kita lakukan adalah menjaga pola makan yang sehat. Kita tahu betul bahwa makan makanan bergizi dapat menambah daya imun kita sehingga tidak mudah sakit. Selain itu, kita harus rajin berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh kita akan bergerak dan membuat kita menjadi lebih sehat. Selain itu, hal-hal yang ringan seperti tidak begadang dan terhidrasi adalah cara lainnya agar terhindar dari penyakit. Namun, apabila kalian merasa bahwa hal-hal di atas belum cukup membantu menjaga imunitas diri, kalian dapat meminum suplemen atau vitamin yang banyak dijual di apotik terdekat.


Selain itu, hal yang perlu diwaspadai saat musim pancaroba adalah perubahan cuaca yang tidak menentu. Seperti yang sudah dikatakan di awal, bahwa pada saat musim pancaroba ini, bisa saja di siang hari panas terik namun di malam hari hujan deras. Perkiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) tidak dapat menjadi acuan dalam mengetahui cuaca yang terjadi hari ini. Karena cuaca yang tidak menentu ini, kalian bisa membawa payung atau jas hujan meskipun dalam perkiraan cuaca hari tersebut tidak akan turun hujan. Jangan lupa, meskipun cuaca hari itu mendung, kalian harus tetap menggunakan tabur surya untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung.


Itulah beberapa hal yang harus kita waspadai saat musim pancaroba tiba. Hal tersebut bisa kita waspadai sendiri atau bersama keluarga agar dapat terhindar dari berbagai penyakit saat musim pancaroba. Jangan lupa membawa payung agar tidak kehujanan pada saat bepergian di luar rumah. Stay safe and stay healthy everyone!


Reporter: Jihan Nur Setyo R

Mahasiswa KPI, UIN SGD BDG

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023