Keuntungan Letak Geografis Indonesia Di Musim Pancaroba

Musim pancaroba adalah salah satu kejadian alam yang tidak bisa ditolak kehadirannya dan juga tidak bisa dihindari setiap tahunnya, di Negara Indonesia. 

Secara letak geografis, Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia serta diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera pasifik.

Hal itulah yang menyebabkan Indonesia hanya memiliki dua musim saja, yaitu musim kemarau dan musim hujan. 

Indonesia menjadi salah satu negara yang sering mengalami pancaroba. Tidak bisa dihindari, karena letaknya yang strategis dan banyak dikelilingi pohon-pohon serta hutan hujan tropis, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki iklim yang sangat ekstrim diberbagai provinsi nyah.

Itu juga, yang menyebabkan Indonesia mengalami peralihan cuaca atau musim yang sangat ekstrim,  menurut BMKG untuk pancaroba tahun ini yang pertama, dimulai sejak bulan September ke Oktober atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. 

Musim pancaroba kedua terjadi sekitar bulan April, atau peralihan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau.

Peralihan cuaca ekstrim tersebut, mengakibatkan kerugian dan keuntungan bagi masyarakat Indonesia.

Keuntungan dari peralihan cuaca ini, salah satunya adalah harga sayuran di pasar menjadi mahal yang menguntungkan juga bagi para petani yang berada di dataran tinggi atau didaerah yang jarang terkena hujan. 

Peralihan cuaca ini juga, membawa keuntungan bagi sebagian masyarakat yang berada di dataran tinggi atau yang jarang terkena hujan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023