Antisipasi Pancaroba Sebelum Terlambat

Musim pancaroba merupakan hal yang lumrah bagi kita yang tinggal di negara dengan iklim tropis. Meskipun begitu kita tetap tidak bisa menganggap pancaroba adalah hal yang sepele apalagi kita sama sama tahu bahwa dampak yang disebakan oleh musim ini sangat merugikan. pancaroba biasa ditandai dengan cuaca yang berubah ubah secara drastis dan cenderung tidak bersahabat. Perubahan cuaca seperti yang awalnya terik panas matahari tiba tiba turun hujan begitu deras adalah contoh dari musim pancaroba yang dapat kita lihat dan rasakan secara langsung.

 

Pada saat seperti ini waspada akan imunitas itu sangat penting karena tubuh kita dipaksa untuk cepat beradaptasi dengan cuaca baru. Kita yang sebelumnya sudah terbiasa dengan cuaca panas tiba tiba hujan mengguyur dengan deras tentu saja tubuh kita akan kaget, respon kaget tubuh kita tadi adalah dengan melemahnya imunitas tubuh karena mencoba menyesuaikan dengan suasana yang baru. 

 

Berbeda dengan manusia, pada saat pancaroba seperti ini justru kuman akan sangat mudah berkembang biak dikarenakan cuaca yang lembab. Kelembaban dan suhu udara pada musim pancaroba sangat mendukung kuman penyebab penyakit berkembang biak.

 

Faktor cuaca yang kurang baik ini juga membuat banyak orang cenderung malas untuk bergerak dan berolahraga, apalagi jika dikombinasikan dengan pola makan yang tidak seimbang maka penyakit akan menyerang dengan cepat. Penyakit yang sering menjangkit saat pancaroba seperti ini adalah flu dan demam. Maka sangat disarankan untuk memiliki persediaan obat sewaktu waktu bila diperlukan. Segeralah ke fasilitas kesehatan terdekat untuk menerima penanganan yang benar, jangan ditunggu sampai parah atau akan fatal akibatnya.

 

Menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup serta rajin berolahraga, makan makanan yang bergizi dan rutin mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan stamina tubuh merupakan beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk menjaga diri dari berbagai penyakit yang disebakan pancaroba. Jangan terlalu lama dibawah guyuran hujan dan selalu sedia payung sebelum hujan merupakan langkah awal yang sangat mudah untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari hari untuk menghadapi musim pancaroba. 

 

Hindun Suaidah Dini Nasution

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023