Gunakan Media Sosial Sebaik Mungkin

Para pengguna media sosial , gunakan media sosial kalian sebaik  mungkin karena banyak dampak negatif jika kalian menyalah gunakan media sosial sudah banyak dampak negatif yang tidak sewajarnya di unggah dimedia sosial. Mengubah cara pandang, cara pikir, sikap, perilaku, dan cara kerja bangsa Indonesia yang mengaci nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi kemajuan, agar Indonesia menjadi negara uang maju, modern, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Salah satunya dengan mengerti tata cara dan etika dalam bertindak, seperti contohnya  influencer pun banyak yang menyalahgunakan media sosial banyak sekali influencer pamer harta kekayaan, bahkan membuat konten-konten yang negatif seperti membuang hp dari atas hotel ke bawah hotel nah tindakan ini yang seharusnya tidak di unggah pada media sosial karena sudah banyak anak kecil umur 1-10 tahun sudah menonton media sosial seperti tiktok, dan banyak sekali influencer juga membuang uang apakah anak kecil tidak menirukannya, Jelas akan meniru. Kalau yang meniru dari orang yang berada apakabar dengan orang yang sederhana jika menirukan hal seperti itu? 

Seharusnya anak kecil memang sangat dilarang untuk menggunakan media sosial, tapi alangkah baiknya orang tua harus sangat memperhatikan anak khawatir si anak mengikuti trend-trend zaman sekarang, Jangan asal posting konten kita harus pintar-pintar untuk memilih trend yang positif untuk digunakan dan diunggah dimedia sosial. 

Selalu waspada dan jangan langsung Percaya, zaman sekarang jangan mudah berkenalan dengan orang yang baru kenal dimedia sosial di foto wajahnya pria dan saat kita melihat realitanya ternyata perempuan sungguh pembobolan publik bukan? Bahkan banyak orang-orang yang menggunakan akun fake untuk menipu pembeli, wah kalau dipikir-pikir zaman sekarang untuk menipu seseorang sangat mudah yah apalagi ibu-ibu zaman sekarang yang mayoritas menggunakan media sosial ibu-ibu, anak-anak yang sangat mudah untuk ditipu dimedia sosial. 

Yang harus perlu kita tamankan pada diri kita yaitu bijak dalam bermain media sosial, Contoh bijak dalam penggunaan media sosial seperti Menjaga Sikap dan Etika,Menjaga Privasi,Hindari Akun Negatif / Toxic,Membatasi Penggunaan Sosial Media,Gunakan Untuk Sarana Personal Branding

 Tidak hanya itu, media sosial juga menghubungkan kita dengan orang lain yang terpaut jarak yang jauh. Melalui sosial media, orang lain akan tahu apa saja kegiatan, kesukaan, maupun cerita harian yang kita bagikan di akun kita. Banyak sekali manfaat dari media sosial daripada sekadar terkena dampak risiko bullying melalui medsos. Jangan lupa untuk selalu mengawasi buah hati anda untuk bermain media sosial. 

Reporter : Syifa Fadia, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023